Iklan
Iklan
HEADLINE

Tiga Hektare Lahan di Banjarbaru Terbakar

×

Tiga Hektare Lahan di Banjarbaru Terbakar

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru, KP – Kebakaran lahan yang selama ini mengancam tak bisa dipandang sebelah mata.

Menyusul cuaca panas beberapa hari belakang, titik panas juga mulai tercipta.

Tak hanya kemunculan titik panas, lahan seluas 3 hektare di daerah Banjarbaru terbakar.

Indsiden terjadi Minggu (15/4) sekitar pukul 14.08 WITA.

Informasi adanya lahan yang terbakar ini diterima Tim Patroli Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Atas temuan itu, petugas patroli, Fadliansyah, melaporkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Cempaka, Banjarbaru melalui Media WhatsApp Group kepada Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kalsel.

Informasi tersebut direspon cepat Pusdalops BPBD Provinsi Kalsel berbagai pihak dan relawan, termasuk dengan meneruskan informasi kepada Manggala Agni.

Berkat kerja sama antar segenap pihak mulai dari BPBD Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, Manggala Agni, dan masyarakat serta aparat, kobaran api akhirnya bisa dipadamkan.

Rijali salah satu Relawan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan yang berada di lokasi kejadian mengatakan, status api sudah dinyatakan aman pada pukul 17.20 WITA. Luas lahan yang terbakar sekitar sekitar tiga Hektare.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, R. Suria Fadliansyah, mengatakan sesuai arahan langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin pihaknya terus meningkatkan kesiapsiagaan.

Caranya bersama pihak terkait rutin melakukan patroli pada daerah rawan kebakaran lahan.

Selain itu sosialisasi pencegahan dengan mobil Komunikasi Informasi dan Edukasi (KEI) dan motor motor KEI juga makin dioptimalkan.

“Kami akan terus siaga dengan mengerahkan semua sumber daya yang ada. Termasuk mengecek secara rutin sarana sarana penanggulangan bencana terutama karhutla,” ucapnya. (mns/K-2)