Nama Desmond Mencuat Sebagai Salah Satu Korban Penculikan Aktivitas Pro Demokrasi

JAKARTA, kalimantanpost.com – Politisi kelahiran Banjarmasin Kalimantan Selatan, Desmond Junaidi Mahesa dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada Sabtu (24/6/2023).

Kabar yang diterima Kalimantan Post (KP) biro Jakarta berasal dari pesan singkat yang dikirim anggota DPRD Kota Banjarmasin Sukhrowardi pada pukul 06.00 WIB menyatakan almarhum akan disemayamkan dirumah duka di kawasan Ragunan Jakarta. Dan rencananya akan dimakamkan di Kerawang Kawasan Terkini.

Desmond Mahesa adalah seorang aktivis yang kemudian menjadi politisi dari Partai Gerindra. Namanya mencuat saat dia menjadi salah satu korban penculikan aktivitas pro demokrasi pada tahun 1997.

Saat itu dirinya tercatat sebagai salah satu aktivis dan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat yang berjuang menegakkan keadilan dan demokrasi pada pemerintahan Orde Baru.

Karier Desmond di dunia politik terbilang bersinar. Kendati belum pernah mewakili dapil Kalsel, perhatian Desmond terhadap banua asal kelahirannya tidak sedikit.

Salah satu upayanya melestarikan seni budaya Kalsel terlihat dari keseriusannya membangun rumah pribadi berkonsep rumah bubungan tinggi adat Banjar yang sering dijadikan pusat kegiatan seni di kampung halamannya.

Pria kelahiran 12 Desember 1965 ini pernah berkarir sebagai pengacara dan kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI sebagai wakil dari daerah pemilihan (dapil) Banten. Sebelumnya pada Pemilu Legislatif 2009 Desmond menduduki kursi DPR RI sebagai wakil dapil Kaltim.

Segenap pimpinan dan kerabat kerja Kalimantan Post menyatakan turut berbelasungkawa atas kepergian politisi senior ini. Dengan demikian tercatat tiga politisi Kalsel telah berpulang dalam sebulan terakhir yaitu, politisi Partai Golkar Hasanuddin Murad dan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) keduanya pada 18 Mei 2023.

Semoga Allah berikan Rahmat dan kesejahteraan serta ampunan kepada mereka. (Ropi/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya