Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarbaruTRI BANJAR

Penyaluran KUR dan Pemanfaatan SIKP Tepat Sasaran, Pemko Banjarbaru Terbaik Pertama di Kalsel

×

Penyaluran KUR dan Pemanfaatan SIKP Tepat Sasaran, Pemko Banjarbaru Terbaik Pertama di Kalsel

Sebarkan artikel ini
TERBAIK- Inilah Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono saat menerima penghargaan pada penyaluran KUR dan pemanfaatan SIKP tepat sasaran, yang dinobarkan Pemko Banjarbaru terbaik pertama di Kalsel. (KP/Istimewa)

Banjarbaru, KP – Pemko Banjarbaru meraih penghargaan pemerintah daerah terbaik pertama atas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pemanfaatan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2022.

Penghargaan prestasi itu diberikan oleh Kementrian Keuangan melalui Kantor Wilayah Provinsi Kalsel, Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb). Diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb, Syafiradi kepada Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono di Banjarmasin pada Senin (26/6/2023).

Adapun menyusul Pemko Banjarbaru, di urutan kedua dan ketiga penerima penghargaan ini ialah Pemerintah Kabupaten Banjar dan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Sebagai informasi, penghargaan ini merupakan bentuk keberhasilan serta peran strategis pemerintah daerah dalam mendorong ketepatan sasaran penyaluran KUR. Termasuk pula dalam membangun dan mengembangkan aplikasi SIKP berbasis database untuk para calon debitur.

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, menerangkan bahwa penyaluranan KUR di Kota Idaman tengah masuk dalam fase yang tinggi. Hal ini lantaran sektor UMKM yang terus menggeliat, yang menurutnya banyak pelaku usaha di Banjarbaru mulai tertarik untuk memulai atau mengembangkan bisnis usahanya lebih besar lagi.

“Kita melihat di Banjarbaru ini banyak pelaku usaha yang mulai mengembangkan bisnisnya. Ada yang juga baru memulai usahanya. Ini fenomena yang terjadi setelah Banjarbaru ditetapkan sebagai Ibu Kota Kalsel,” ujarnya saat dihubungi melalui via WhatsApp.

Berkolaborasi dengan Kementrian Keuangan DJPb Kantor Wilayah Kalsel, Aditya sendiri berkomitmen untuk terus menyempurnakan regulasi dan skema penyaluran KUR yang efketif kepada masyarakat. Dalam hal ini, lanjutnya SIKP memiliki peran penting dalam mendukung program KUR, salah satunya yaitu sebagai alat monitoring dan evaluasi penyaluran KUR.

“Penyaluran KUR ini juga menjadi bentuk sinergi antara Pemko Banjarbaru, BUMD, BUMN dan Pemerintah Pusat. Kita hanya fokus pada satu tujuan yaitu mendukung pemberdayaan UMKM di Banjarbaru,” lugasnya. (Dev/K-3)

Iklan
Baca Juga:  BK : `Anggota Dewan Harus Ingat Sumpah Jabatan’
Iklan