Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGKatingan

Dewan Minta Sekolah Tak Pungut Biaya Pendaftaran

×

Dewan Minta Sekolah Tak Pungut Biaya Pendaftaran

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono. (kp/isnaeni)

KASONGAN, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten katingan meminta agar pihak sekolah mulai dari SD, SMP, SMA sederajat tak pungut biaya pendaftaran masui sekolah.

“Karena, untuk pendaftaran siswa saat memasuki sekolah, yang berstatus negeri, selain sudah dijamin oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah, juga sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) wajib belajar (wajar) 9 tahun. “Maksudnya, untuk daerah Kabupaten Katingan, rujukannya adalah, Perda wajar 9 tahun, yakni dari SD hingga SMA, sesuai kewenangan Kabupaten Katingan,” kata Rudi, Senin (3/7/2023).

Sebutnya, Pemkab Katingan tidak hanya membebaskan biaya SPP saja, tapi semua anak didik, dari SD, SMP hingga SMA yang bersekolah di Kabupaten hasil pemekaran ini, masing-masing siswa yang baru masuk sekolah diberikan empat stel pakaian seragam sekolah. “Diantaranya, satu stel seragam untuk hari Senin hingga Selasa, satu stel seragam batik untuk hari Rabu hingga Kamis dan satu stel seragam olahraga serta satu stel seragam pramuka untuk hari Jum’at dan Sabtu,” terangnya.

Untuk saat ini, meskipun pihak sekolah diminta untuk tidak memungut biaya pendaftaran, namun jika ada kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan praktek, pengajian, les mata pelajaran di luar jam sekolah dan kegiatan keagamaan, pihak sekolah bisa bisa saja melakukan pemungutan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk mengadakan acara peringatan hari keagamaan, les, untuk biaya praktek dan biaya ekstrakurikuler lainnya. “Itupun harus diminta persetujuan pula dari para orang tua murid, yang dimusyawarah di dalam rapat komite,” ujarnya.

Komite Sekolah ini, lanjutnya, sebagai wadah bagi orang tua murid yang bisa melibatkan diri untuk ikut mendukung proses belajar mengajar di masing-masing sekolah. “Sehingga, adanya kemufakatan bersama, antara guru di sekolah dengan pihak komite yang dapat memajukan sekolah serta dapat pula meningkatkan kualitas siswa itu sendiri dalam rangka ikut meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah kita,” timpal anggota dewan asal dapil Katingan III ini. (Isn/K-10)

Iklan
Baca Juga:  Legislator Dukung Pameran Hasil Belajar Guru Penggerak di Kapuas
Iklan