Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Wujudkan Rasa Patriotesme dan Nasionalisme Kemerdekaan RI Ke 78

×

Wujudkan Rasa Patriotesme dan Nasionalisme Kemerdekaan RI Ke 78

Sebarkan artikel ini
UPACARA - Peringatan Kemerdekaan RI ke 78 di halaman Stadion Balipat Binuang. (KP/Ist)

Rantau, KP – Pemerintah Kecamatan Binuang menggelar upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023 berlangsung sederhana ditengah terik panas matahari bertempat di lapangan depan stadion Balipat Binuang. Kamis (17/8/2023) kemarin pagi.

Bertindak sebagai insfektur Upacara Camat Binuang Eko Hariono dan komandan upacara Serka Gunawan dari Koramil Binuang Kodim 1010 Tapin.

Sementara tamu undangan di hadir para Kepala Desa dan Lurah Se Kecamatan Binuang, Anggota DPRD Tapin Emy Novita dari Partai Golkar, Adi Farma Partai Berkarya dan H Muhtar dari Partai PKB, Istri Pengusaha Binuang Hj Warsiah Hatta dan Ibu Eva Zaini Mahdi (H Izai) dan para Muspika Kecamatan Binuang.

Peserta upacara para pelajar SD Sederajat, SMP Sederajat, SMA Sederajat dan para ASN, Polri dan TN di Kecamatan Binuang.

Dalam rangkaian upacara kemerdekaan RI juga dibacakan Teks Proklamasi dan

Pembacaan Teks Undang-undang Dasar 1945 dan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera merah putih dari pelajar SMA sederajat di Kecamatan Binuang.

Camat Binuag Eko Hariono mengatakan, selama dua tahun dilanda covid 19, Pemerintah Kecamatan Binuang tidak melaksanakan upacara kemerdekaan RI  17 Agustus dan tahun ini setelah dicabut oleh pemerintah status covid baru bisa melaksankan upacara kemerdekaan RI.

”Alhamdulillah tahun ini, Pemerintah Kecamatan Binuang dapat kembali melaksanakan upacara detik-detik proklamasi kemerdaan Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 Tahun 2023 dengan lancar dan sukses,“ ucapnya usai melaksanakan upacara.

Dalam pelaksanaannya kita kerahkan para pelajar SD sederjat, SMP Sederajat dan SMA Sederajat di Kecamatan Binuang serta dari organisasi kemasyarakat, TNI dan Polri turutt hadir.

Dengan kehadiran semua elemen masyarakat baik itu pelajar, TNI, Polri, Masyarakat dan lainnya untuk sama-sama mewujudkan rasa patriotesme dan nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih baik dimasa depan,“ ucapnya.

Baca Juga:  Warga di Barabai Rela Antri 4 Jam Demi Gas Elpiji Tiga Kilogram

Berharap kedepan untuk kegiatan ini bisa lebih meriah lagi dan masyarakat lebih banyak untuk sama-sama menikmati kemerdekaan RI.

Terpisah Anggota DPRD Tapin Emy Novita mengatakan hal sama, alhamdulillah antusias masyarakat sangat luar biasa, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 di Kecamatan Binuang.

“Berharap kedepean semakin banyak dan meriah sehingga kecamatan binuang semakin maju dan berkembang bersama sama menikmati kemerdekaan RI,“ pungkasnya.

Usai menggelar upacara di isi hiburan dengan menyanyikan lagu-lagu nasional kebangsaan oleh adik pelajar Binuang, penampilan atraksi pencak silat dari para penampilan atraksi pencak silat dari para pelajar dan persembahan lagu-lagu oleh Band oleh Pelajar SMA Binuang. (abd/K-6)

Iklan
Iklan