Dua Dari 52 Desa di Tala Akan Manfaatkan E-Voting Saat Pilkades

Pelaihari, KP – Ada 52 desa yang tersebar di 11 kecamatan se-Tanah Laut (Tala) bakal menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2023 pada 13 September nanti. Dua desa diantaranya yakni Desa Tirta Jaya dari Kecamatan Bajuin dan Desa Bumi Jaya dari Kecamatan Pelaihari bakal memanfaatkan teknologi e-voting saat pemilihan berlangsung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Bambang Kusudarisman mengatakan, tahapan persiapan pemanfaatan e-voting ini sudah sampai uji coba yang secara teknis dipandu oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala.

“Beberapa hari lalu kita telah melakukan sosialisasi. Teknisnya hampir sama dengan pemilihan manual, bedanya, dengan e-voting para pemilih tinggal menekan foto calon kepala desa yang muncul di layar,” tutur Bambang usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di Tala 2023 bertempat di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Senin (11/9/2023).

Berita Lainnya
1 dari 2,859

Ia melanjutkan, pemerintah daerah bakal terus melakukan pematangan terhadap penggunaan teknologi e-voting termasuk melakukan perbaikan atas kendala yang ditemui.

“Semua sudah kita persiapkan, termasuk logistik manual yang hanya akan kita gunakan sebagai antisipasi apabila ternyata saat pelaksanaan ada kendala yang tidak bisa diselesaikan dengan e-voting,” sambungnya.

Pada pemanfaatan e-voting ini, masyarakat nantinya datang membawa surat undangan ke panitia setempat, kemudian ditukar dengan undangan yang sudah dilengkapi dengan barcode untuk di tap di alat yang sudah disiapkan sebelum akhirnya muncul gambar para calon yang siap dipilih dengan hanya menyentuh tanpa harus di coblos. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya