Tingkatkan Tata Kelola Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kotabaru

Kotabaru, KP – 12/9, Untuk mewujudkan transformasi digital pengadaan barang dan jasa yang terintegrasi dan secara elektronik, Pemerintah Kabupaten Kotabaru melaksanakan Penerapan Pengadaan Barang dan Jasa serta Pembinaan Pelaku Usaha Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Implementasi Katalog Elektronik Pekerjaan Kontruksi yang berlangsung di Aula rapat Setda Kotabaru Opration Room.

Hal tersebut sudah diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 yang di ubah dengan Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021 tentang Pengadaan barang dan jasa Pemerintah dan Peraturan LKPP nomor 9 tahun 2021 tentang toko daring dan E-katalog untuk mendorong dan melaksanakan transaksi pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru yang diwakili Asisten II Setda Kotabaru Murdianto, menyampaikan, Penerapan pengadaan barang dan jasa dalam implementasi katalog elektronik pekerjaan kontruksi dimaksudkan untuk mendorong pergerakan positif bagi setiap sektor pembangunan khususnya di bidang kontruksi, sehingga mempercepat pelaksanaan program pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Kegiatan focus group discussion di hari ini, merupakan wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru kepada Pelaku Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang memiliki arti sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan Pemerintah yang baik dan benar, serta untuk meningkatkan kinerja barang dan jasa secara elektronik,” Ucap Asisten II Setda Kotabaru, kemudian melanjutkan

“Adapun tujuan dari kegiatan ini, untuk mewujudkan pengadaan barang dan jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru secara efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan mewujudkan Pemerintah yang good governance yang selaras dengan perkembangan teknologi.

Berita Lainnya
1 dari 2,393

E-Katalog (Katalog Elektronik ) sendiri merupakan aplikasi belanja online yang menyediakan berbagai macam produk dari berbagai komoditas yang di perlukan oleh Pemerintah dengan cara berbelanja melalui sistem Katalog Elektronik yang dinamakan E-Purchasing”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kotabaru Sonny Tua Halomoan mengungkapkan, “Sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan tehnologi, dan ini salah satu upaya dalam mendukung penggunaan produk lokal melalui E-Katalog.

Melalui FGD (Focus Group Discussion) penerapan pengadaan barang dan jasa dalam implementasi Katalog Elektronik pekerjaan kontruksi diharapkan dapat mempercepat dan memberikan kontribusi bagi pembangunan Kotabaru, dan memberikan kesempatam seluas-luasnya bagi pelaku usaha untuk mendaftarkan produk dan menayangkan produk E-Katalog Lokal Pemerintah Kabupaten Kotabaru,” Ungkapnya.

Hadir narasumber Hernalfy Patria Dharma, S.IP dari Kasubbag Pelaksanaan Barang dan Jasa Biro Pengadaan Barang dan Jasa PROVINSI KALIMANTAN SELATAN, dengan moderator Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kotabaru, Sonny Tua Halomoan.

Dipaparkan tentang Penerapan pengadaan barang dan jasa dalam implementasi katalog elektronik pekerjaan kontrukai serta Pembinaan pelaku usaha pengadaan barang dan jasa dalam implementasi katalog elektronik pekerjaan kontruksi.

Disampaikan juga, pengadaan barang dan jasa dalam implementasi katalog elektronik hanyalah alat, namun lebih penting adalah pelaku pengadaan barang dan jasa tersebut harus memiliki integrasi yang tinggi, bertanggung jawab, dan tertib untuk mencapai sasaran kelancaran tujuan pengadaan barang dan jasa. (and/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya