Komisi III Konsultasikan Ranperda Penyelenggaraan Riset dan Inovasi Daerah Ke Kemendagri

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Penyelenggaraan Riset dan Inovasi Daerah yang sedang dalam proses penyusunan drafnya dibawa dan dikonsultasikan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke Direktorat Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen OTDA) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Dipimpin Sekretaris Komisi III H. Gusti Abidinsyah dan rombongan diterima oleh Slamet Endarto Kasubdit Wilayah I di lantai 15 ruang rapat Direktorat Produk Hukum Daerah Ditjen OTDA, Kemendagri, Rabu, 29/11/2023.

H. Gusti Abidinsyah mengatakan, konsultasi ini dimaksudkan untuk memperkaya materi dari Ranperda tentang Riset dan Inovasi Daerah. Dan diakui, hasil pertemuan ini banyak mendapat saran dan masukan yang sangat baik dan luar biasa, yakni masalah kearifan lokal apakah sudah terakomodir didalam Ranperda tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapat hal yang luar biasa. Jadi kami akan mencoba lagi melihat daripada produk inovasi daerah ini, ranperda ini, yaitu berupa kearifan lokalnya apakah sudah masuk. Jadi sebelum kita fasilitasi, kita lihat kembali, kita evaluasi kembali ranperda ini”, ujar politisi Partai Demokrat.

Berita Lainnya
1 dari 3,084

Kasubdit Wilayah I Direktorat Produk Hukum Daerah Slamet Endarto mengingatkan, dalam menyusun Ranperda Riset dan Inovasi Daerah, jangan sampai melupakan kearifan lokal yang ada di Kalsel serta tidak kaku dalam memahami Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2021.

“Saya harapkan yang efektif, efisien dan akuntabel dan bisa implemented.

Terutama sekali yang untuk penyelenggaraan inovasi daerah jangan sampai yang tertuang dalam PP 78 Tahun 2021, leterlek, tapi tolong kearifan lokal yang ada disana (Kalsel) dimuat dalam substansi Ranperda tersebut”, tuturnya seraya berharap nantinya Ranperda ini menjadi kebijakan daerah Provinsi Kalsel agar bisa berdaya saing dengan daerah lainnya.(Nau/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya