Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATanah Bumbu

Pemkab Tanbu Gelar Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

×

Pemkab Tanbu Gelar Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Sebarkan artikel ini
KP/Ist

Batulicin, KalimantanPost.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pendidikan Politik Masyarakat Bagi Pemilih Pemula di Gedung Olahraga Desa Maduretno Kecamatan Karang Bintang, Selasa
7/11.2023 ini dilakukan untuk  meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu pada 2024 mendatang.

Kepala Bakesbangpol Tanbu, Nahrul Fajeri mengatakan, tujuan kegiatan pendidikan politik ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dan menciptakan pemilih cerdas.

Tujuan lainnya yaitu pengembangan etika dan budaya politik, serta untuk mengantisipasi dari berbagai tantangan Pemilu Tahun 2024. “Tujuan lain untuk pengembangan etika selain itu untuk mengantisipasi dari berbagai tantangan Pemilu Tahun 2024,” kata Nahrul.

Disebutkan Nahrul, tahun 2023 ini, di anggarkan sebanyak 2.400 orang, dan anggaran perubahan di laksanakan di Empat Kecamatan. Hari ini, Kita menggabungkan siswa/siswi beserta Perangkat Desa di Kecamatan Mantewe dan Karang Bintang. Dia juga  menjelaskan, sasaran kegiatan adalah para pelajar setingkat SMA/Sederajat.

Kecamatan Karang Bintang yakni SMAN 1 Karang Bintang, SMK Al Madani, SMA Nusantara, dan SMK NU. Sedangkan SMA/Sederajat di Kecamatan Mantewe yaitu SMAN 1 Mantewe, SMK Mantewe, dan Sekolah Aliyah Mantewe.

Sebelumnya ujarnya,pihakanya juga sudah melaksanakan kegiatan yang sama di Enam Kecamatan, yakni Simpang Empat, Batulicin, Kusan Hilir, Sungai Loban, Satui, dan Kusan Hulu. Nah
di kegiatan pendidikan politik masyarakat bagi pemilih pemula ini, Bakesbangpol  menghadirkan narasumber Bupati, KPU, Bawaslu, dan Kantor Kementerian Agama.

“Pada Pemilu 2024 di Kab Tanbu ada sebanyak 18.566 pemilih pemula,” tandasnya. Sementara itu, Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar saat membuka menyampaikan, dia menyambut baik dan sangat mengapresiasi, di laksanakannya pendidikan politik pengembangan Etika, serta budaya politik dalam rangka memantapkan demokrasi pada kehidupan masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama kata Bupati, pendidikan politik dan etika budaya politik sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara berpolitik dengan baik dan bijak.
“Pelaksanaan Pendidikan Politik, pengembangan etika serta budaya politik di perlukan adanya peran pemuda untuk turut berpartisipasi pada Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024,” ujar Bupati.

Baca Juga:  Bupati HST Hadiri Tradisi Unik Batumbang Apam

Karenanya, Pemuda harus wajib terlibat langsung dalam mendorong peningkatan kualitas kesadaran politik melalui pendidikan politik ini. (han)

Iklan
Iklan