Dipasar Murah Beras Paling Dicari Warga

Banjarmasin Kalimantanpost.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel menggelar pasar murah dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di halaman Kantor Disdag Kalsel, Selasa (5/12/2023)

“Hari ini kita melakukan operasi pasar atau pasar murah dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan di bulan Desember ini,” ungkap Sutikno, Kabid Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Disdag Kalsel saat diwawancarai.

Dia berharap, agar harga-harga yang ditawarkan di pasar murah kali ini dapat dijangkau oleh masyarakat. Apalagi, saat ini harga kebutuhan pokok banyak mengalami lonjakan di pasaran.

“Ada sekitar 60 pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah ini. Baik itu UMKM, distributor, termasuk dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel,” terangnya.

Dijelaskan Sutikno lagi, Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel menyumbang sebanyak 200 paket ikan patin gratis. Di mana, kuponnya sudah habis disebarkan kepada masyarakat yang kurang mampu, seperti tukang becak dan yang lainnya.

“Kita juga yakin, para distributor dan pelaku UMKM sudah memberikan harga yang terbaik hari ini. Dan tidak ada yang menaikkan harga, sehingga masyarakat dapat menjangkau harga-harga barang -barang yang dijual,” tandasnya.

Berita Lainnya
1 dari 2,697

“Bulog yang menjual beras medium dan premium paling banyak diserbu warga dan terjadi antrean yang cukup panjang. Berasnya sampai kehabisan tadi, dan sekarang sedang dilakukan proses penambahan. Harganya tentu lebih murah dari pada harga di pasar,” tambah Sutikno.

Komoditi gula pasir, kata dia, saat ini juga mengalami kenaikan harga, baik gula yang ditimbang kiloan ataupun gula kemasan. Yang sebelumnya Rp 13.500/kg, sekarang naik hingga Rp 16.000/kg

“Hari ini dijual sesuai harga distributor sebelum sampai ke pedagang. Artinya, terjadi selisih lah sekitar Rp 2.000 seandainya beli di pasar pasar,” pungkasnya.

Berikut harga-harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah yang dilaksanakan Disdag Kalsel. gula pasir Rp 16.500/kg, minyak goreng merek Selfie kemasan 1 liter Rp 15.000/liter, minyak goreng merek Tawon Rp 15.500/liter, telur ayam ras Rp 40.000/rak, telur itik Rp 60.000/rak.

Kemudian, bawang merah Rp 23.000/kg, bawang putih Rp 30.000/kg, beras SPHP isi 5 kg Rp 54.000, beras Cap Mutiara 77 isi 5 kg Rp 75.000, beras Cap Mutiara 77 isi 10 kg Rp 145.000.

Seorang warga Banjarmasin, Gusti Zainab, mengaku senang dengan adanya kegiatan pasar murah ini. Pasalnya, harga-harga yang dijual lebih miring dibandingkan jika membeli di pasar.

“Harganya lebih murah. Kalau lebih sering diadakan lebih bagus. Karena akan membantu meringankan masyarakat di tengah harga kebutuhan pokok yang serba mahal,” ucap warga Teluk Dalam Banjarmasin ini. (Opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya