Sambangi BRIDA Jawa Timur, Komisi III Dorong Pemprov Kalsel Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

JAWA TIMUR, Kalimantanpost.com – Jawa Timur adalah gudang dari inovasi pelayanan publik. Sejak tahun 2014 tercatat sebanyak 190 inovasi pelayanan publik dari seluruh pemerintah daerah di Jawa Timur yang masuk ke dalam top inovasi pelayanan publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pemprov Jatim secara umum menerima 29 penghargaan top inovasi pelayanan publik.

Hal inilah yang membuat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sambangi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Timur dalam rangka konsultasi guna meningkatkan inovasi daerah di Kalsel.

Juliana Martin, S. Km., M. M mengatakan Jawa Timur meluncurkan program Samsat 4.0. Program ini dinilai sangat memudahkan masyarakat.

“Sekarang masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor jauh lebih ringan. Sekarang cukup membayar di minimarket saja. Tidak perlu ke Samsat atau ke Samkel,” tutur Sekretaris BRIDA Provinsi Jatim itu.

Berita Lainnya
1 dari 3,073

Lebih lanjut, ia menambahkan tingginya partisipasi Pemda, menunjukkan Jawa Timur telah membina invosinya dengan baik. Inovasi pelayanan publik adalah salah satu metode dalam proses reformasi birokrasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

H. Gusti Abidinsyah. S. Sos., M.M menanggapi, Punish and reward atau penghargaan kepada setiap SKPD atau UPTD dapat mendorong kinerja dalam melahirkan inovasi baru terutama pada pelayanan masyarakat. ” itu yang akan kita tingkatkan di Banua.

Bagaimanapun juga, adanya hasil inovasi sangat membantu baik untuk UPTD atau SKPD nya itu sendiri maupun masyarakat,” ucapnya.

Politisi Partai Demokrat itu juga menambahkan, sistem birokrasi adalah solusi pengelolaan pelayanan publik.

Beliau mengajak untuk merubah paradigma yang sudah ada dengan mengembalikan birokrasi sebagai solusi.(Nau/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya