Pantai Gading dan Afrika Selatan Melaju ke Semifinal Piala Afrika 2023

PANTAI GADING, Kalimantanpost.com – Tuan rumah Pantai Gading dan Afrika Selatan melaju ke semifinal Piala Afrika 2023. Pantai Gading menundukkan Mali melalui drama adu penalti, sedangkan Afrikan Selatan Cape Verde pada pertandingan perempat final di Stade de la Paix, Bouake pada Minggu (4/2/2024) dini hari WIB.

Walau pun bermain di kandang sendiri, Pantai Gading sudah ditekan lawan sejak awal pertandingan, bahkan Mali mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-16 setelah Odilon Kossounou melanggar Lassine Sinayoko. Sayang, eksekusi penalti Adama Traore gagal karena bola ditepis Youssouf Fofana.

Pantai Gading harus bermain dengan 10 orang setelah Kossounou di akhir babak pertama menerima kartu kuning kedua karena melanggar Sinayoko.

Mali memecah kebuntuan pada menit ke-71 setelah Nene Dorgeles melakukan tusukan dan begitu mendekati kotak penalti, ia melepaskan sepakan keras yang tak kuasa dihalau Fofana.

Pantai Gading yang tertinggal 0-1 akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-90. Simone Adingra dengan cepat menendang bola liar dari jarak 16 meter yang gagal dihentikan kiper Djigui Diarra.

Berita Lainnya
1 dari 2,066

Laga dilanjutkan ke babak extra time 2×15 menit. Kedua tim sama-sama punya peluang dan ketika laga tampaknya akan dituntaskan dengan adu penalti, Pantai Gading mencetak gol keduanya di injury time babak kedua extra time.

Oumar Diakite menyepak bola yang menjebol gawang Mali untuk membuat skor jadi 2-1 dan memastikan Pantai Gading lolos ke semifinal. Tuan rumah akan menghadapi Republik Demokratik Kongo pada Kamis (8/2) dini hari WIB.

Sayangnya Pantai Gading tidak bisa diperkuat beberapa pemain inti karena akumulasi kartu seperti kapten Serge Aurier, Oumar Diakite, Odilon Kssounou, dan Christian Kouame.

Sementara di laga perempat final lainnya, Afrika Selatan melaju ke semifinal lewat kemenangan adu penalti 2-1 atas Cape Verde setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Afrika Selatan akan bertemu Nigeria untuk memperebutkan tiket ke partai final pada Kamis (8/2) dini hari WIB. (Ant/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya