Wagub Kalteng Berharap Siswa Jangan Golput

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo minta agar siswa yang telah memiliki hak pilih tidak “golput” saat hari H penjoblosan pemilu 14 Pebruari 2924 nanti.

Hal itu ia sampaikan kepada siswa dan siswi se Kalteng pada sosialisasi Pemilu 2024, yang digelar terpusat di SMA-2 Palangka Raya, Senin (12/2/2024). Kegiatan juga diikuti beberapa Kabupaten secara virtual.

Wagub mengingatkan betapa pentingnya proses demokrasi melalui Pemilu 2024, sebab tidak hanya memilih wakil rakyat, tetapi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Ditegaskannya, siswa dan siswi boleh memilih siapa saja dari tiga paslon Presiden dan Wakil Presiden, sebab semuanya bagus untuk dipilih,”Silakan pilih sesuai hati nurani” ujar Wagub.

Sementara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain mengajak pelajar SMA/SMK/SLB menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 14 Februari 2024.

Ia mengatakan hari Rabu,14 Februari 2024 digelar pemungutan suara. silakan berikan suara kalian di TPS.

Berita Lainnya
1 dari 14

“Saya berharap momen valentine day nantinya Pemilu berjalan dengan penuh kasih sayang dan penuh perdamaian. Dan semuanya bisa berjalan lancar dan aman,” ucapnya.

Harmain meminta pelajar yang sudah punya KTP mengecek TPS tempat mendaftar di dptonline.kpu.go.id “Di cek saja nanti masukin NIK di sana akan keluar terdaftar di TPS mana,” sebutnya.

Dijelaskannya, yang sudah terdaftar dalam DPT dapat hadir ke TPS dan akan mendapatkan surat pemberitahuan atau undangan beberapa hari sebelum pemilihan. “Pemilih yang terdaftar di DPT dapat mulai memilih mulai pukul 07.00 -13.00,” tegasnya.

Menurut dia ada 5 macam pemilihan, presiden wakil presiden dengan surat suara abu abu. Kemudian Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI warna kuning, DPRD Provinsi warna biru, dan DPRD Kabupaten Kota warna hijau.

Agenda dihadiri Plt Kepala Diknas Kalteng Reza Prabowo, Anggota KPU dan Bawaslu, seta pihak terkait lainnya. Kegiatan diisi dengan Ikrar Peningkatan Partisipasi Peserta Pemilu kalangan siswa, tanya jawab seta kuis dari Wagub.(drt/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya