Iklan
Iklan
Iklan
MartapuraTRI BANJAR

DLH Kalsel-DPRKPLH Banjar Kunjungi Nominator Kalpataru

×

DLH Kalsel-DPRKPLH Banjar Kunjungi Nominator Kalpataru

Sebarkan artikel ini
NOMINATOR KALPATARU - DLH Kalsel dan DPRKPLH Banjar kunjungi Misrani, Nominator Kalpataru 2024. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Banjar silaturrahmi dengan Misrani, salah satu nominator calon penerima penghargaan Kalpataru 2024 kategori Pembina Lingkungan.

Kepala DPRKPLH Banjar Ahmad Baihaqie mengatakan, Bumi Serambi Mekkah tahun ini mengusulkan dua kategori yang dikirimkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Android

”Yakni Syaifuddin untuk kategori Perintis Lingkungan dan Misrani di kategori Pembina Lingkungan,” tandasnya, pekan kemarin.

Dijelaskan Baihaqie, yang dimaksud Perintis Lingkungan adalah individu bukan pegawai negeri atau bukan pejabat negara yang mempelopori upaya luar biasa untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

”Dan merupakan kegiatan baru di wilayah/kawasan tertentu dan/atau berhasil mengembangkan teknologi lokal ramah lingkungan,” jelasnya.

Sedang Pembina Lingkungan, adalah individu/tokoh masyarakat bukan pejabat pemerintah yang melakukan pembinaan untuk membangkitkan kesadaran, prakarsa dan peran masyarakat guna melestarikan fungsi dan tatanan lingkungan hidup dan/atau berhasil mengimplementasikan temuan teknologi baru ramah lingkungan.

“Dua usulan tersebut, hanya Misrani diterima Kementerian LHK yang masuk 21 nominasi calon penerima penghargaan Kalpataru,” terangnya.

Kepala Seksi KSDAPLH Khaezar menambahkan, nantinya ada 2 kali zoom meeting yang rencananya dilaksanakan KLHK pada 26 dan 28 Maret 2024 guna mempresentasikan kegiatan calon penerima Kalpataru

Kabupaten Banjar sendiri patut bersyukur dan optimis meraih penghargaan Kalpataru tahun ini, karena dari 189 usulan yang diajukan 31 Provinsi dan 5 usulan Pemprov Kalsel, Misrani termasuk 5 usulan yang siap diverifikasi KLHK.

Hadir Kabid Konservasi dan Pengendalian Perubahan Iklim Sukamto, Kasi Kemitraan dari DLH Kalsel Anie, Kabid P2KLH Aina, juga diikuti Tim Kalpataru 2024 Banjar serta pihak Korporasi, PT MAS sebagai mitra bersama pihak P4S. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Pasar Terapung Traveling Mart, Konsep Baru Sektor Pariwisata di Kalimantan Selatan
Iklan