Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Selatan

Ratusan Mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan Selesaikan KKN dengan Baik

×

Ratusan Mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan Selesaikan KKN dengan Baik

Sebarkan artikel ini
JABAT TANGAN - Pj Bupati HSS Hermansyah menutup secara resmi kegiatan KKN STAI Darul Ulum Kandangan. (KP/M Hidayat)

Kandangan, KP – Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) telah selesai melaksanakan program kuliah kerja nyata (KKN) angkatan XXV tahun 2023-2024.

Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah menutup secara resmi kegiatan KKN tersebut, Rabu (19/3/2024) pagi di Aula Kampus II Jalan Rantauan, Desa Gambah Luar.

Android

Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Dr Muhsin Aseri menuturkan, KKN angkatan XXV berjalan tertib dan lancar.

Ketua STAI Darul Ulum mengaku senang, para kepala desa dan tokoh masyarakat yang merasa terbantu adanya KKN.

“Ini menunjukkan, para mahasiswa yang berada di lokasi aktivitas diterima oleh masyarakat,” ujar Dr Muhsin. 

Pj Bupati HSS Hermansyah mengucapkan apresiasi, atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan para peserta KKN, selama melaksanakan tugas pengabdian di masyarakat. 

Pj Bupati mengatakan, KKN bukan sekadar menyelesaikan tugas akademis. Tetapi juga telah memberikan kontribusi nyata, bagi pembangunan dan kemajuan masyarakat.

“Dalam masa KKN yang telah dilaksanakan, peserta melihat dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Tentunya mahasiswa mendapat berbagai pengalaman, dan mengalami berbagai macam tantangan. Hal tersebut tentunya membentuk menjadi insan yang lebih tangguh, peka terhadap lingkungan dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Ia mengimbau, hasil KKN bukan akhir akhir dari keterlibatan dalam pembangunan masyarakat. Tetapi menjadi awal dari sebuah perjalanan panjang, dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat.

KKN STAI tersebut dilaksanakan di 4 Kabupaten, terutama 6 kecamatan di Kabupaten HSS. KKN reguler dilaksanakan 60 hari, sedangkan KKN seratus hari untuk mahasiswa berstatus ustaz pondok pesantren, ASN dan PPPK. 

Pelaksanaan KKN diisi program wajib berupa bimbingan baca Alquran dan bimbingan salat. Lalu program pokok terdiri bidang sosial keagamaan dan lintas sektoral seperti penyuluhan dan sosialisasi.

Baca Juga:  Jalan Nusa Indah Kandangan Dihiasi Berbagai Jenis Anggrek

Pada kesempatan itu, diserahkan dana hibah Pemkab HSS kepada STAI Darul Ulum sebesar Rp 150.000.000. Serta, penandatanganan kerja sama kampus tersebut dengan BNNK tentang upaya pencegahan narkoba. (tor/K-6)

Iklan
Iklan