Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Sekda Fokos Mensejahterakan Masyarakat Rencana Kerja Tahun 2025

×

Sekda Fokos Mensejahterakan Masyarakat Rencana Kerja Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
PEMKAB TAPIN - Menggelar rapat forum perangkat daerah untuk rencana kerja tahun 2025. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan pengembangan menggelar rapat Forum Perangkat Daerah untuk Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun anggaran 2025. Bertempat Hotel Fogu Banjarmasin, Kamis (14/3/2024) tadi.

Forum perangkat daerah dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin diwakili oleh Sekretaris Daerah Tapin Sufiansyah.

Android

Dalam forum itu menghadirkan Wakil Ketua DPRD Tapin Herny Mustika, Tokoh Masyarakat Tapin H Misran, Akademisi Syekh Salman Al Farisi Hamdi, Para seluruh Kepala Dinas, para Camat dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

Sekda Tapin DR H Sufiansyah mengatakan, forum perangkat daerah ini digelar dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD di Kecamatan dan pokok pokok pikiran DPRD dan mempertajam indicator target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah.

“Forom perangkat daerah ini menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinegritas pelaksanaan proritas pembangunan daerah,“ katanya.

Namun kata sekda bahwa dalam pertemuan ini bahwa untuk program kerja tahun 2025, fokus pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kemudian meningkatkan pembangunan infrastruktur baik itu jalan sarana Pendidikan dan lain-lainnya.

“Kalau itu sudah dilakukan tentunya angka kemiskinan akan berkurang, dan penadapatan masyarakat meningkat serrta IPM kita meningkat,“ jelasnya.

Disampign itu pula, kalau sudah terlaksana dengan baik dan anggaran terpenuhi, maka di seluruh perangkat daerrah untuk dapat berinovasi di bidang masing-masing.

“Jadi para perangkat daerah bisa membuat inovasi atau terobosan-terobosan baru, agar fokus pembangunan bisa tercapai,” pinta Sekda.

Ia pun menekankan, walaupun presentasinya ada mengalami penurunan terutama tingkat kemiskinan tapi itu upaya terus dilakukan.

Baca Juga:  Pemkab HSU Upayakan Usulan Dapat Terealisasi

“Sistem saya terbalik, penurunan di tahun 2023 belum membuat kita puas. Karena apa yang dilakukan memang sudah tanggungjawab kita,” tuturnya.

Sementara itu,tokoh masyarakat Tapin Misran menilai dalam menyusun Renja kedepan, pemerintah daerah harus memperhatikan keseimbangan antara pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM serta perekonomian berkelanjutan.

“Harus balance (seimbang), progam pembangunan infrastruktur sangat perlu dilakukan,akan tetapi upaya peningkatan pembangunan lainnya seperti SDM dan ekonomi masyarakat juga harus jadi prioritas,“ sarannya.

Sementara Kepala Bapelitbangda Tapin, Meidy Haris Prayoga melaporkan untuk Renja strategis pemerintah daerah tapin tahun 2025 mendatang menitikberatkan pada beberapa target pembangunan, seperti menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan IPM, termasuk upaya menggeser pola perekonomian dari sektor pertambangan ke pertanian.

“Meski berdasarkan data, bahwa angka kemiskinan mengalami penurunan dari sebelumnya 3,19 jadi 3,6, akan tetapi tetap jadi prioritas dan ditargetkan tahun 2025 bisa diangka 2 persen,“ sebutnya.

Usai menggelar rapat forom perangkat daerah penandatangan berita acara telah menggelar forom pernagkat daerah untuk rencana kerja pembangunan Kabupaten Tapin Tahun 2025 yaitu Pemerintah Kabupaten Tapin dan DPRD Kabupaten. (abd/K-6)

Iklan
Iklan