Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Masjid At Tanwir Gelar Salat Idulfitri 1445 H, Ribuan Jemaah Bersukacita Rayakan Hari Kemenangan

×

Masjid At Tanwir Gelar Salat Idulfitri 1445 H, Ribuan Jemaah Bersukacita Rayakan Hari Kemenangan

Sebarkan artikel ini
Ribuan jemaah memadati halaman hingga ruang induk Masjid At Tanwir Banjarmasin untuk mengikuti salat Idulfitri 1445 H. (Kalimantanpost.com/Opiq)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Ribuan umat muslim melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah di Halaman Masjid Muhammadiyah At Tanwir, Jalan Sultan Adam, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Rabu (10/4/2024) pagi.

Dari pantauan di lapangan, jemaah pria dan wanita memenuhi area parkir dan ruang induk Masjid At Tanwir. Dimana, jemaah pria memadati halaman parkir sebelah selatan masjid, bahkan meluber hingga ke jalan raya. Sementara jemaah wanita menempati bagian ruang induk masjid yang memiliki dua lantai.

Dalam pelaksanaan salat Idulfitri di masjid tersebut, Ustadz Usamah Mufti bertindak sebagai imam, dan HM Hamdi Jaferi AA selaku khatib. Salat Ied mulai dilaksanakan sekitar pukul 07.25 WITA.

Dalam khutbahnya, HM Hamdi Jaferi mengangkat tema ‘Salat Mencegah Keji dan Munkar, serta Hubungan Ayah dan Ibu dengan Anak’.

Beliau menyampaikan, setelah Allah memerintahkan untuk beribadah kepadaNya dengan penuh rasa ikhlas, maka kemudian Allah memerintahkan menjalankan salat dengan penuh keikhlasan, karena salat merupakan sebaik-baik ibadah.

“Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin pernah berkata, “Puasa yang dilakukan oleh
orang yang meninggalkan salat tidak diterima, karena orang yang meninggalkan salat berarti kafir dan murtad,” ucap HM Hamdi.

Didasarkan pada sabda Rasulullah SAW, “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai salat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.”
(HR An-Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Khatib juga menyebutkan, berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amal shalih yang mulia, bahkan disebutkan berkali-kali dalam Al Quran tentang keutamaan berbakti pada orang tua.

“Demikian agungnya kedudukan berbakti pada orang tua, bahkan di atas jihad fi sabililllah, padahal jihad memiliki keutamaan yang sangat besar pula,” ungkapnya.

Baca Juga:  Fisip Uniska MAB Bocorkan Keunggulannya pada Mahasiswa Baru

Usai pelaksanaan salat ied dan doa bersama, jemaah tampak bersukacita dan penuh rasa syukur merayakan ‘hari kemenangan’ dengan saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan.

Koordinator Lapangan salat Idulfitri 1445 H Masjid At Tanwir, Firdaus mengatakan, secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar tanpa halangan berarti.

Panitia pelaksana berfoto bersama usai pelaksanaan salat Idulfitri 1445 H di Masjid At Tanwir Banjarmasin. (Kalimantanpost.com/Opiq)

“Alhamdulillah, semua berlangsung aman dan lancar sesuai dengan yang kita harapkan. Sekitar 2.000 sampai 2.500 jemaah hadir hari ini di Masjid At Tanwir untuk bersama-sama melaksanakan salat Idulfitri,” ujarnya.

Firdaus mengatakan, demi kelancaran kegiatan, Panitia Masjid At Tanwir telah membentuk dan menurunkan tim di lapangan untuk mengatur dan mengarahkan jemaah supaya merasa nyaman dan khusyu’ dalam melaksanakan salat Idulfitri tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Surgi Mufti Cabang Banjarmasin 3, Alpa Fauzan menambahkan, bahwa pelaksanaan Ta’mir Ramadan dan salat Idulfitri 1445 H berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Hanya saja, kami masih belum bisa melaksanakan rencana kegiatan pesantren kilat untuk anak-anak tingkat SMP/Tsanawiyah, karena kendala waktu yang masih belum terkondisikan dengan tenaga pengajarnya,” tutur Fauzan.

Meskipun begitu, lanjutnya, untuk kegiatan yang lain sudah dapat terlaksana dengan baik. Misalnya, buka puasa dari awal hingga akhir Ramadan yang diikuti oleh sekitar 200-an orang per harinya. Menunya juga bervariasi setiap hari, seperti nasi sop, soto, nasi kotak, karih, bistik daging, dan lain lain.

“Bahkan kita juga berkolaborasi dengan Cheff Addelia mengadakan demo memasak yang saat itu diikuti ibu-ibu dari Aisiyah Ranting Surgi Mufti,” beber Fauzan.

“Selain itu, untuk kegiatan itikaf 10 hari terakhir bulan Ramadan juga kita laksanakan yang diikuti sekitar 60-75 orang peserta setiap hari” tambahnya.

Baca Juga:  Penyuntikkan Kedua, Ibnu Pastikan Vaksin Berjalan Baik

Masjid At Tanwir, kata dia lagi, juga menerima serta menyalurkan zakat fitrah dan zakat mal, yang kemudian akan dibagikan kepada sekitar 500 jiwa dari warga masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan Masjid At Tanwir.

Fauzan juga menyampaikan, pihaknya saat ini tengah menghimpun donasi untuk pembelian lahan seharga Rp600 juta yang lokasinya terletak di samping kiri Masjid At Tanwir dan akan dipergunakan untuk perluasan dan renovasi masjid.

“Kepada para dermawan yang ingin berinvestasi akhirat, dapat menyisihkan hartanya untuk membantu. Kami menerima bantuan infaq sadaqah dari para dermawan, baik berupa tunai maupun kredit. Hingga saat ini sudah terkumpul sekitar Rp250 juta. Artinya kami masih memerlukan dana sekitar Rp 350 juta lagi,” ungkapnya.

Bagi yang ingin berpartisipasi, Fauzan menginformasikan donasi dapat ditransfer ke Bank Kalsel Syariah dengan No Rekening 7300474343 atas nama Perluasan Tanah Masjid At Tanwir dan BSI dengan No Rekening 7776161661 atas nama Renovasi Masjid At Tanwir.

“Tak lupa kami ucapkan Selamat Idulfitri 1445 H. Mohon maaf lahir batin. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa karim. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT, dan kita menjadi pribadi yang bertaqwa. Mudah-mudahan kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan 1446 H tahun depan, Aamiin,” ucap Fauzan mengakhiri. (Opq/KPO-1)

Iklan
Iklan