Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Utara

Pj Bupati HSU Bersyukur Pertanian Lebak di HSU Subur

×

Pj Bupati HSU Bersyukur Pertanian Lebak di HSU Subur

Sebarkan artikel ini

Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Drs Zakly Asswan MM mengungkapkan rasa syukur pada musim kemarau panen padi yang bagus dan lahan yang subur.

Sebagaimana diketahui saat musim kemarau lahan rawa lebak panen padi di Desa Babirik Hulu, Kecamatan Babirik, Kabupaten HSU Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya melihat di sini lahan sangat subur panen tanam sering dilakukan, tentunya hal seperti itu akan mensejahterakan masyarakat di sini,” kata Pj Bupati HSU saat mengikuti kick off Gerakan Nasional.

Pj Bupati HSU Zakly Aswan menyampaikan bersyukur petani di wilayahnya dapat kembali panen dan menanam kembali di kawasan rawa pertanian ini.

Untuk saya tidak ada musim apapun untuk panen dan menanam. Jadi tergantung kita apakah bersyukur atau tidak,” ujar Zakly pada kegiatan tersebut.

Lanjut Pj bupati ini, bahwa masyarakat ataupun petani penting untuk bersyukur sebab daerah ini apapun serba ada, tanahnya subur bahkan untuk menanam bisa di lokasi ini.

Saat musim kemarau panjang di HSU seperti saat ini, tidak berlaku gagal panen padi milik petani, mengingat sambungnya kekeringan turut memberikan dampak positif sektor pertanian di wilayah ini.

“Kemarau, keberadaan lahan lebak yang ada di wilayah HSU ini justru bisa memberikan hasil panen padi yang cukup. Bahkan beberapa kali tanam dan panen. Meski HSU didominasi lahan rawa mencapai 90 persen,” ujarnya.

Gernas ketahanan pangan ini juga menjadi tonggak penting dalam mengatasi perubahan iklim dengan menjadikan sektor pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Lewat Gernas ketahanan pangan ini semua pihak memiliki peluang untuk mendukung petani terutama dalam berinovasi sehingga produktivitas hasil pertanian meningkat,” sampainya. (**)

Iklan
Baca Juga:  Pemkab HSU Gelar Tablig Akbar Bersama Habib Sholeh
Iklan