Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBANUA KITAPEMKAB TabalongTabalong

Pj Bupati Tabalong: “Tingkatkan Kualitas Layanan Publik yang Lebih Baik Bagi Masyarakat Tabalong”

×

Pj Bupati Tabalong: “Tingkatkan Kualitas Layanan Publik yang Lebih Baik Bagi Masyarakat Tabalong”

Sebarkan artikel ini
Pj BUPATI TABALONG - Hj Hamida Munawarah ST MT. (KP/Ros)

Tanjung, KP – Sudah menjadi tuntutan, kualitas pelayanan oleh aparat pemerintah untuk publik harus semakin ditingkatkan, terlebih kualitas pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat di Kabupaten Tabalong supaya terus bisa meningkat kualitasnya.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan oleh Pj. Bupati Tabalong Hj Hamida Munawarah ST MT, saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) terkait Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan Pencatatan Sipil Tahun 2024, Rabu (17/4) di Pendopo Bersinar Tanjung.

Dijelaskan Hamida, regulasi perundang-undangan tentang Pelayanan Publik menyatakan bahwa Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan penyelenggara pelayanan publik. “Sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, pelaksanaan pelayanan publik ini wajib mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel,” ujarnya.

“Peran serta masyarakat dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik perlu diwujudkan dalam bentuk kerjasama, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat, serta peran aktif mulai dari tahap penyusunan hingga evaluasi kebijakan pelayanan publik,” terang Hamida.

Oleh karenanya, lanjut Hamida, diperlukan wadah yang mampu mengakomodir kepentingan kedua belah pihak, yakni pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan dengan masyarakat sebagai pengguna layanan. “Maka FKP inilah yang akan menjadi ruang diskusi kita bersama, saling bertukar opini melalui dialog sebagai bentuk koordinasi pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

“Dalam FKP ini tentu kita mengedepankan komunikasi yang bersifat dua arah, di mana masyarakat selaku pengguna layanan, dapat mengusulkan, memberikan masukan, dan saran kepada penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini adalah pemerintah, atas pelayanan yang diterima dan dirasakan. Kita perlu menyamakan persepsi dan menetapkan standar tentang bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, adil, transparan dan akuntabel sebab itulah inti dari pelayanan publik yang kita laksanakan,” terang Hamida.

Baca Juga:  Anang Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Asal Tabalong Kloter 1

Di kesempatan itu, Hamida meminta peserta fokus terhadap bagaimana standar layanan yang seharusnya diberikan dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. “Mari kita ikuti forum ini dengan penuh atensi dan kesadaran untuk membangun pelayanan publik ke arah yang lebih baik. Berikan ide dan pemikiran yang solutif dan inovatif guna mewujudkan cita-cita bersama, yakni membangun daerah dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Tabalong,” pintanya.

“Saya berharap melalui forum ini, kita bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat Tabalong. Untuk itu perlu dibangun kerjasama yang solid dan adanya sinergi yang kuat antara pemerintah dengan masyarakat Tabalong. Maka saya berpesan, manfaatkan lah forum ini dengan sebaik-baiknya, semoga diskusi kita hari ini bisa membawa manfaat yang lebih luas untuk masyarakat Tabalong,” demikian pungkas Pj. Bupati Tabalong ini. (ros/K-6)

Iklan
Iklan