Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATanah Laut

Jadi Syarat Terima Hibah Disnakkeswan Tala Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Kemampuan Kelola Ternak

×

Jadi Syarat Terima Hibah Disnakkeswan Tala Dorong Kelompok Tani Tingkatkan Kemampuan Kelola Ternak

Sebarkan artikel ini

Pelaihari, KP – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tala, Iwan Persada mengatakan, setiap kelompok tani (poktan) di Tala harus dapat menunjukkan kemampuan mengelola ternak dengan baik agar memenuhi syarat dalam menerima bantuan hibah peternakan dari anggaran pemerintah.

“Awalnya proses hibah ini memang dari usulan yang diajukan oleh poktan kepada kami. Tim teknis kemudian nanti akan menilai setiap usulan sekaligus melakukan verifikasi mana saja poktan yang layak menerima,” jelas Iwan usai kegiatan penyerahan bantuan hibah sebanyak 2000 ekor bibit bebek atau itik tergolong DoD (Day Old Duck) Mojosari kepada empat kelompok tani (poktan) dari Kecamatan Bumi Makmur di Desa Bumi Harapan pada Senin (6/5/2024).

Iwan menegaskan, tim teknis memiliki kriteria tertentu sehingga anggaran hibah yang disiapkan oleh pemerintah daerah benar-benar tepat sasran.

“Jadi, tidak cukup hanya dengan modal keinginan saja. Poktan harus profesional dalam memelihara ternak agar dapat terus berkembang dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi tidak hanya peternak saja, melainkan juga para anggota poktan, keluarga hingga masyarakat secara umumnya.

Terakhir, Iwan turut mengingatkan apabila ada poktan yang ingin mengusulkan bantuan hibah agar dapat menyampaikan lebih awal, sebab realisasi terhadap usulan tersebut bisa dilakukan setidaknya satu atau dua tahun setelah pengusulan. (rzk/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Dua Inovasi Masyarakat Tala Mendapat Penghargaan Nominasi KIA 2023
Iklan