Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Kalahkan China Taipei 3-0,Tim Putra Indonesia Melaju ke Final Piala Thomas

×

Kalahkan China Taipei 3-0,Tim Putra Indonesia Melaju ke Final Piala Thomas

Sebarkan artikel ini
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menang atas Wang Tzu-wei, dua set langsung 21-11, 21-16 yang berlangsung Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China. Regu putra Indonesia melaju ke Final Piala Thomas setelah mengalahkan China Taipei 3-0 di babak semifinal, Sabtu (4/5/2024) malam WIB. (Kalimantanpost.com/Laman PBSI)

Chengdu, China (ANTARA) – Tim putra Indonesia mengikuti jejak regu putri melaju ke partai puncak Piala Thomas setelah mengalahkan China Taipei 3-0 di babak semifinal, Sabtu (4/5/2024) malam WIB.

Kepastian Indonesia ke final setelah di partai ketiga tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menang atas Wang Tzu-wei, dua set langsung 21-11, 21-16 yang berlangsung Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China.

Indonesia mengawali kemenangan di unggal putra Anthony Sinisuka Ginting Chou Tien Chen melalui dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-19 dalam tempo 51 menit.

Di partai kedua, ganda Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil mengalahkan Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan rubber game 16-21, 21-19, 21-18.

“Bersyukur bisa bermain dengan baik, dan cukup senang dengan performa hari ini. Naik-turun di lapangan, kami sama-sama punya strategi, dan bisa me-manage dengan baik,” kata Ginting saat ditemui usai pertandingan.

Seperti ekspektasi, baik Ginting maupun Chen sudah sama-sama tahu pola permainan seperti apa yang harus mereka terapkan. Kedua pemain memiliki tipe permainan yang cepat dan rapat, sehingga untuk mengoleksi angka pun menjadi menantang.

Namun, Ginting berhasil mengamankan interval gim pertama, sebelum pada akhirnya Chou mengejar dan menyamakan kedudukan 12-12.

Selepas turun minum, Ginting terus memperpanjang jarak keunggulan hingga 19-13 hingga akhirnya merebut game point pertama. Namun, Chou tidak menyerah dan menambah lima angka beruntun untuk melambatkan laju skor Ginting, sampai Ginting merebut gim pertama dengan skor 21-18.

Gim kedua, Chou memberikan tekanan terlebih dahulu untuk Ginting sehingga wakil Indonesia sempat beberapa kali tertinggal. Setelah jeda singkat, tunggal putra peringkat tujuh dunia mulai mengejar dan menyamakan kedudukan 13-13, 15-15, dan 16-16.

Baca Juga:  Taklukkan Thailand 4-1, Indonesia Melaju ke Perempatfinal Final Piala Thomas 2024

Di poin-poin krusial ini, Ginting terlihat mulai mau bersabar dalam meladeni bola-bola dan reli panjang, sampai akhirnya kedudukan berbalik unggul, dan mengklaim gim kedua 21-19.

Sementara itu, ada empat wakil Indonesia lainnya yang akan berlaga pada babak empat besar Piala Thomas 2024 menghadapi Taiwan.

“Bagi saya kemenangan ini cukup penting dengan merebut satu poin di awal. Semoga kemenangan awal ini bikin teman-teman semakin rileks dan termotivasi,” ujar Ginting.

Di sisi lain, ini merupakan ke-28 kalinya Indonesia lolos ke babak semifinal Piala Thomas sejak partisipasi pertama mereka di tahun 1958. Jika Indonesia kembali lolos ke babak final, ini akan menjadi tiga kali beruntun Merah Putih masuk ke partai puncak sejak 2020, dimana mereka terakhir kali membawa pulang Piala Thomas. (Ant/ful/KPO-3,)

Iklan
Iklan