Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

KPU Luncurkan Pilgub Kalteng 2024

×

KPU Luncurkan Pilgub Kalteng 2024

Sebarkan artikel ini
Peluncuran Pilkada Kalteng. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meluncurkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng priode 2024-2029 di Kalawa Waterpark, Jumat (17/5/2024).

Peluncuran dilakukan Ketua KPU Kalteng Sastriadi didampingi Wakil Gubernur Kalteng Edy Prarowo, Ketua Bawaslu Satriadi, unsur Forkompimda, dan pejabat terkait lainnya melalui penekanan tombol secara bersama.

Wagub Edy Pratowo menyatakan sangat mendukung agenda pesta demokrasi lokal tersebut, sebagai bagian dari pembangunan bidang politik di daerah. Dan harus disambut dengan rasa sukacita oleh semua warga dengan harapan lancar, aman dan sukses.

“Tahapan Pilkad telah dimulai, dan serentak seluruh Indonesia dan penjoblosannya dilaksanakan pada tanggal 27 November mendatang,” ujar Wagub.

Ia meminta selama proses Pilkada, semua pihak berhati-hati terhadap berita hoax, isu SARA, money politik dan tidak mudah terprovokasi isu menyesatkan.

Sementara itu Ketua KPU Kalteng Sastriadi mengemukakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu sosialisasi pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalteng.

Pilkada serentak tahun 2024 memiliki berbagai tahapan yang harus dilaksanakan untuk Kalteng. Selain itu, untuk kabupaten/kota nanti Pilbub, Pilgub kabupaten Kota beda-beda ini untuk maskot,” jelas Sastriadi.

Maskot ini akan digunakan dalam berbagai kegiatan sosialisasi dan kampanye untuk menarik perhatian pemilih, terutama generasi muda, serta untuk menyampaikan pesan-pesan penting mengenai pemilu.

“Biasanya, maskot tersebut diperkenalkan melalui berbagai media, termasuk media sosial, acara-acara publik, dan kegiatan lainnya yang melibatkan masyarakat luas,” ujarnya.

KPU Provinsi Kalimantan Kalteng dari Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM), Harmain Ibrahim menyebutkan bahwa Pilkada serentak tahun 2024 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia, mencakup 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi.

Pemilihan ini mencakup pemilihan bupati dan wali kota (Pilbup/Pilwalkot), di Kalteng ada 14 Kabupaten/kota, serta pemilihan gubernur (Pilgub).

Baca Juga:  Kaban Kesbangpol : Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Terus Ditingkatkan

Dia juga menambahkan pelaksanaan Pilkada serentak di Kalimantan Tengah, seperti di seluruh Indonesia, melibatkan tahapan yang terkoordinasi baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Pelaksanaan launching Pemilu untuk pemilihan Gubernur Kalteng serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tingkat kabupaten, akan dilakukan oleh masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 14 kabupaten/kota yang ada di Kalteng. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan