Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Madura United Hanya Perlu Seri di Leg Kedua Usai Taklukkan Borneo FC 1-0

×

Madura United Hanya Perlu Seri di Leg Kedua Usai Taklukkan Borneo FC 1-0

Sebarkan artikel ini
Pemain Madura United meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Borneo FC 1-0 pada pertandingan leg pertama semifinal Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Rabu (15/5/2024) malam. (Kalimantanpost.com/Instagram maduraunited)

MADURA, Kalimantanpost.com – Kesebelasan Madura United hanya memerlukan hasil seri di di semifinal leg kedua yang dimainkan pada Minggu (19/5) untuk bisa lolos ke final 1 Indonesia 2023/2024.

Ini menyusul kemenangan Madura United 1-0 atas Borneo FC pada pertandingan leg pertama semifinal Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Rabu (15/5/2024) malam.

Gol penentu kemenangan tuan rumah melalui eksekusi penalti Hugo Gomes atau akrab disapa Jaja.

Penalti itu diberikan oleh wasit Thoriq Alkatiri setelah Taufany Muslihuddin melakukan pelanggaran terhadap Riski Afrisal di kotak terlarang pada menit ke-77.

Tuan rumah Madura United mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu saat laga baru dimulai. Dua kali kiper Angga Saputro dipaksa bekerja keras, pertama saat Riyatno Abiyoso mendapat umpan terobosan dan upayanya dapat diadang sang kiper, kemudian saat Angga menangkap bola tembakan Francisco Rivera.

Abiyoso kembali mengancam sisi kiri pertahanan Borneo beberapa menit kemudian. Ia menerima bola dan menggiringnya, sebelum mengakhirinya dengan tembakan yang lagi-lagi dapat ditangkap Angga.

Setelah itu kedua tim bergantian menekan dengan Madura lebih banyak memegang kendali permainan. Kiper Angga dan Alfharezzi Buffon sempat berbenturan saat berusaha mengamankan bola, tetapi keduanya masih dapat melanjutkan permainan.

Sampai babak pertama usai, kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang bersih. Baik Madura dan Borneo tidak mampu menembus rapatnya pertahanan lawan masing-masing, Borneo bahkan gagal melepaskan satu tembakan pun dan harus menutup babak pertama dengan skor imbang 0-0.

Pelatih Borneo Peter Huistra memasukkan Wiljan Pluim dan Hendro Siswanto pada awal babak kedua. Dengan masuknya kedua pemain itu, Borneo lebih berani untuk melesak masuk ke kotak pertahanan tuan rumah, dua peluang didapat mereka melalui sepakan Kei Hirose dan Terens Puhiri yang melambung ke atas gawang Lucas Frigeri.

Baca Juga:  Tim U-17 Putri Indonesia Jajal Filipina di AFC U-17 Women's Asian Cup

Sayangnya Pluim yang diandalkan Borneo tidak dapat bermain lebih lama. Cedera yang diderita pemain asal Belanda itu membuatnya harus digantikan oleh Taufany.

Borneo kemudian mendapat peluang bagus lain saat Felipe Cadenazzi mengirim umpan untuk diteruskan sepakan Adam Alis, tetapi peluang itu dapat dihentikan kiper Frigeri.

Bencana untuk Borneo terjadi pada menit ke-75, akibat pelanggaran yang dilakukan pemain pengganti kepada Afrisal di kotak penalti. Eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Gomes yang menembakkan bola ke sisi kiri gawang Borneo.

Setelah unggul satu gol, Madura masih memiliki satu peluang bagus saat Dalberto Belo berhadapan satu lawan satu dengan Angga Saputro. Kali ini kiper Borneo itu mampu mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak lagi berkat keberhasilannya memblok bola. Pertandingan pun ditutup dengan keunggulan tipis 1-0 bagi tuan rumah Laskar Sape Kerrap. (Ant/KPO-3)

Daftar susunan pemain:

Madura United: Lucas Frigeri, Koko Ari, Fachrudin, Cleberson, Alexvan Djin, Jacob Mahler, Francisco Rivera, Hugo Gomes, Abiyoso, Riski Afrisal, Dalberto
Pelatih: Rakhmat Basuki

Borneo FC: Angga Saputro, Leo Guntara, Alfharezzi Buffon, Silverio Silva, Fajar Fathur Rahman, Kei Hirose, Adam Alis, Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, Muhamamd Sihran, Felipe Cadenazzi
Pelatih: Pieter Huistra

Iklan
Iklan