Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

PPPK Pemko Banjarmasin Berhak Mendapatkan Penghargaan

×

PPPK Pemko Banjarmasin Berhak Mendapatkan Penghargaan

Sebarkan artikel ini
Totok Agus Daryanto

Banjarmasin,KP – Pemerintah telah menerbitkan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satu yang diatur adalah mengenai kesetaraan hak antara Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sama seperti ASN,PPPK juga berhak memperoleh penghargaan dan pengakuan berupa material dan/atau non material,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Banjarmasin, Totok Agus Daryanto.

Kepada {KP} belum lama ini ia menjelaskan, adapun komponen penghargaan bagi ASN, baik PNS maupun PPPK,meliputi penghasilan, penghargaan yang bersifat motivasi, tunjangan dan fasilitas, jaminan sosial, lingkungan kerja, pengembangan diri, dan bantuan hukum.

“Jaminan sosial terdiri atas jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua,” ujarnya.

Menurutnya dengan ketentuan tersebut, maka PPPK juga berhak mendapatkan uang pensiun. “ Semula jaminan pensiun hanya didapatkan oleh PNS,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, jaminan pensiun dan jaminan hari tua dibayarkan setelah ASN berhenti bekerja. Terkait ketentuan ini lebih lanjut akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP).

Menyinggung sumber pembiayaannya ia mengatakan berasal dari pemerintah selaku pemberi kerja serta iuran pegawai ASN.

Dikatakan, Pemko Banjarmasin saat ini masih kekurangan pegawai terutama untuk tenaga fungsional dan struktural. Kekurangan ini ujarnya, disebabkan karena banyak ASN dari tenaga fungsional yang pensiun atau meninggal dunia.

Totok mengatakan, hampir setiap tahun ASN Pemko Banjarmasin yang pensiun atau meninggal dunia sekitar 100 orang. “ Sementara penerimaan CPNS tidak mesti setiap tahun dibuka oleh pemerintah,” tutupnya. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Kantor Pelayanan Diminta Sediakan SDM Bahasa Isyarat
Iklan