Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Selatan

Ribuan Peserta Antusias Ikuti Kirab Obor HUT Proklamasi 17 Mei

×

Ribuan Peserta Antusias Ikuti Kirab Obor HUT Proklamasi 17 Mei

Sebarkan artikel ini
KIBAR BENDERA - Pelepasan ribuan peserta kirab obor HUT Proklamasi 17 Mei 1949. (KP/M Hidayat)

Kandangan, KP – Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Hermansyah, melepas kegiatan kirab obor, Sabtu (18/5/2024) malam di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Kirab obor digelar Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 HSS, dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Proklamasi 17 Mei 1949.

Acara diikuti seluruh tim peserta Kibar Merah Putih, para pelajar, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, pramuka dan lainnya.

Masing-masing membawa obor, berjalan kaki melewati rute Jalan Pemuda, ke Jalan Panglima Batur, Jalan Parindra, Jalan Aluh Idut, Jalan A Yani, dan kembali ke Lapangan Lambung Mangkurat.

Pj Bupati HSS Hermansyah mengaku bangga, dengan meriahnya kirab obor dalam rangka peringatan HUT Proklamasi 17 Mei tersebut.

Sebab ujarnya, hanya di Kabupaten HSS yang punya kegiatan seperti ini, sebagai daerah yang memiliki sejarah perjuangan di Kalimantan.

“Ini sebagai upaya kita untuk mengingatkan generasi muda, akan perjuangan dan jasa para pejuang yang sudah memerdekakan daerah kita pada tanggal 17 Mei 1949,” ujar Hermansyah usai upacara pelepasan peserta.

Sementara Ketua DHC 45 HSS Syamsuri Arsyad mengaku senang dengan antusiasme peserta yang cukup tinggi mengikuti kirab obor.

“Kita bangga dengan antusias para peserta malam ini, terutama dari sekolah-sekolah. Sebelumnya kita memperkirakan peserta hanya 500 orang, namun ternyata yang datang lebih dari 1000 lebih,” beber Wakil Bupati HSS periode 2018-2023 itu.

Acara tersebut turut dihadiri Pj Ketua TP PKK HSS Rusnawati, para pejabat di lingkungan Pemkab HSS, perwakilan Lanal Banjarmasin, hingga TNI AD. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Bupati HST Serahkan 798 SK PPPK
Iklan