Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Timnas Indonesia U-20 Berlatih ke Como, Berangkat ke Italia dalam Tiga Gelombang

×

Timnas Indonesia U-20 Berlatih ke Como, Berangkat ke Italia dalam Tiga Gelombang

Sebarkan artikel ini
Pemain Timnas Indonesia U-20 melakukan pemanasan dalam sesi latihan terakhir di Lapangan ABC, GBK, Jakarta, Jumat (24/5/2024), sebelum berangkat ke Italia untuk menjalani TC. (Kalimantanpost.com/Antara)

JAKARTA, Kalimantanpost.com –
Tim nasional sepak bola Indonesia U-20 menjalani latihan terakhir di Lapangan ABC, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (24/5/2024) pagi, menjelang keberangkatan ke Italia untuk pemusatan latihan (TC) dan mengikuti turnamen di Perancis.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengatakan latihan pada hari ini merupakan latihan terakhir sebelum 30 pemain berangkat ke markas klub Como 1907 di Italia untuk menjalani TC.

“Ini latihan terakhir sebelum berangkat ke Como. Ada tiga gelombang yang berangkat mulai dari tengah malam ini sampai besok sore,” kata Indra usai memimpin latihan skuad asuhannya.

Ia membeberkan, latihan berfokus pada penguatan taktik dan fisik sebelum pemain berangkat melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Lebih lanjut dia menjelaskan sebanyak 30 pemain akan belajar banyak saat TC di Como pada 26-31 Mei sebelum mengikuti turnamen.

“Turnamen itu uji coba yang sangat baik untuk membentuk timnas U-20 guna mencari komposisi terbaik, menjalankan game plan, dan belajar filosofi bermain,” ujar pria yang juga Direktur Teknik PSSI itu.

Indra menambahkan, selama berlatih di markas klub yang baru saja promosi ke Serie A Liga Italia itu, Garuda Muda hanya menggunakan fasilitas lapangan saja dan tidak mendapatkan materi pelatihan apa pun dari staf kepelatihan klub tersebut.

Sedangkan Maurice Revello Tournament atau Toulon Cup 2024 di Perancis dinilai akan menjadi wadah uji coba yang berkualitas untuk skuad asuhannya dalam mempersiapkan generasi pemain senior berikutnya.

Indonesia, lanjut dia, selalu mengikutsertakan kelompok umur di bawah 19 atau 20 tahun sejak tiga kali mengikuti turnamen tersebut karena ingin memberi pengalaman lebih kepada para pemain guna merasakan atmosfer yang berbeda.

Baca Juga:  Paman Birin pukau penggemar sepakbola

Turnamen Toulon diselenggarakan pada 3-16 Juni. Dalam turnamen itu, Indonesia mengawali babak grup melawan timnas Ukraina U-23 pada 4 Juni.

Kemudian, pada 6 Juni, skuad asuhan Indra Sjafri akan melakoni laga melawan timnas Panama U-21, Jepang U-21 (8 Juni), dan yang terakhir Italia U-21 (12 Juni).

Selain untuk melakoni Turnamen Toulon 2024 di Perancis, skuad Garuda Muda itu juga dipersiapkan untuk mengikuti ajang Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2024, dan persiapan menuju Piala Dunia U-20 2025.

Untuk menghadapi rangkaian pertandingan dan turnamen tersebut, Indra Sjafri telah menggembleng fisik skuad Arkhan Kaka dkk sejak beberapa bulan lalu. (Ant/KPO-3)

Iklan
Iklan