Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMIPalangka Raya

Wagub Sebut Kalteng Expo 2024 Upaya Promo Peluang Investasi dan Buka Job Fair

×

Wagub Sebut Kalteng Expo 2024 Upaya Promo Peluang Investasi dan Buka Job Fair

Sebarkan artikel ini
Wagub Edy Pratowo saat meninjau salah satu stand pameran. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com –
Kalteng Expo Tahun 2024 merupakan ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah Kalimantan Tengah, dengan tujuan antara lain untuk menciptakan wahana interaksi bisnis antara pelaku usaha, pembeli, dan investor, dalam rangka mendorong masuknya investasi ke Provinsi Kalteng.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka Kalteng Expo Tahun 2024 di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (11/5/2024).

Gubernur Kalteng melalui Wagub Edy Pratowo menambahkan Kalteng Expo yang digelar 11-15 Mei adalah agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Kalteng dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang pada tahun ini menginjak usia ke-67 tahun.

Ini juga sekaligus salah satu upaya untuk mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Sehingga volume perdagangan produk unggulan daerah, industri, SDM, dan sektor-sektor lainnya di Kalteng dapat meningkat, sehingga memperkuat kemitraan antar pelaku usaha, digitalisasi pemasaran, dan optimalisasi produk unggulan daerah, serta mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dan lokal daerah, terlebih di era pasar bebas saat ini,” ujar Edy.

Disebutkan Kalteng Expo, diharapkan dapat memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi di Kalimantan Tengah; Mendorong para pelaku usaha UMKM dan IKM untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar.

Juga untuk meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk, seperti produk ramah lingkungan, produk peduli kesehatan, hingga melahirkan brand atau merk baru, dan Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa, khususnya bidang perdagangan dan investasi, guna mempromosikan potensi daerah Kalteng.

Baca Juga:  Trio Motor Martadinata Servis Kunjung di Kantor Kecamatan Bansel

“Gubernur berharap rangkaian kegiatan Kalteng Expo 2024 ini dapat berlangsung lancar, sukses, dan berjalan lebih baik, khususnya peningkatan nilai transaksi produk-produk yang dipamerkan. “Serta manfaat terhadap kemajuan para pelaku UMKM dan IKM Kalteng di tengah persaingan pasar global,” kata Wagub.

“Dengan partisipasi aktif seluruh peserta Kalteng Expo, saya yakin upaya kita bersama akan memberikan hasil nyata, dan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah Kalteng dan Nasional, terutama dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan UMKM lokal,” paparnya.

Wagub juga memberi apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, peserta, dan semua pihak yang mendukung penyelenggaraan Kalteng Expo Tahun 2024 ini, termasuk juga Event Organizer CV Sola Gracia, EO lokal yang terdiri dari kawula muda Kalteng.

Sekda Kalteng melalui Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Rangga Lesmana menjelaskan, pelaksanaan Kegiatan Kalteng Expo 2024 di buka untuk umum dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB setiap hari, terdiri dari Stand Indoor (Hall A dan B) diisi oleh peserta dari dari SOPD Provinsi, Kabupaten/kota se-Kalteng, Instansi Vertikal, Corporate, dan Stand Outdoor diisi oleh POLRI, TNI, Dunia Usaha / IKM / UMKM berasal dari Prov. Kalteng maupun dari luar Provinsi Kalteng, serta Pasar Rayat.

Rangkaian kegiatan Kalteng Expo 2024 kali ini, juga menggelar Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) dan Pelatihan Pra Kerja 2024 untuk 20.000 orang serta peluang untuk bekerja di Jepang dengan kuota 500 orang.

Ia menandaskan, kegiatan Pameran Kesempatan kerja (Job Fair) dan Pelatihan Pra Kerja merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam rangka menekan dan mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja di Kalteng.

Baca Juga:  Tekan Angka Kecelakaan Hino Gelar Safety Driving Competition

Di agenda tersebut diserahkan secara simbolis Kontrak kerja dan CoE (Certificate of Eligibility) atau Sertifikat Ijin Tinggal, kepada Peserta Program Special Skilled Worker (SSW) yang sudah mendapatkan kontrak kerja selama tiga tahun dan siap berangkat ke Jepang, atas nama Ferry Setiawan, Binti Nur Baiti, dan Ardia Qiromatul Ulfah dengan lokasi.kerja Nagano – Jepang.

Program tersebut merupakan kerjasama antara Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ENTER Pangkalan Bun, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Tengah dan AIC Japan – Karir Jepang.

Bagi seluruh masyarakat Kalteng yang ingin berkarir ke Jepang, dapat menghubungi LPP Enter atau Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng. Selain itu dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat Pelatihan Pra Kerja, dengan keterampilan Menguasai Cara Berbicara di Depan Umum dengan Teknik NLP, kepada Novi Lestara.

Pada tahun 2024 Pra Kerja membuka lebih dari 20 ribu pelatihan gratis untuk masyarakat Kalteng, untuk mendapatkan informasi dipersilakan untuk mengunjungi Stand Pra Kerja di Job Fair 2024.

Agenda Kalteng Expo dihadiri oleh Anggota Forkopimda Kalteng, Sekretaris Daerah berserta istri, Ketua DPRD Kalteng, Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, Kepala Perangkat Daerah, tokoh masyarakat, serta masyarakat Kalteng. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan