Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Balangan

Cegah Penyakit Hipertensi Melalui Inovasi Caper Lengan Peduli

×

Cegah Penyakit Hipertensi Melalui Inovasi Caper Lengan Peduli

Sebarkan artikel ini

Balangan, KP – Puskesmas Lampihong luncurkan Inovasi “Caper Lengan Peduli” yang merupakan singkatan dari Cegah Hipertensi Lansia dengan Penyuluhan di Posyandu Lansia.

Diketahui latar belakang dari inovasi ini adalah awalnya karena melihat dari data pada 2021 di Puskesmas Lampihong ternyata hipertensi selalu menjadi penyakit PTM pertama tertinggi.

Kepala Puskesmas Lampihong, Anna Susiana,Senin (3/6/2024) mengatakan, seperti yang diketahui terjadi pergeseran penyakit. Dimana dulu kasus penyakit menular lebih banyak, tapi sekarang penyakit tidak menular malah lebih banyak diderita oleh masyarakat.

“Setelah melihat data penyakit hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lampihong banyak diderita oleh lansia, sehingga muncullah ide untuk mengoptimalisasikan penyuluhan di posyandu lansia dengan media video untuk penyuluhan kelompok dan leaflet sebagai alat konseling individu terhadap penderita hipertensi,” ujarnya.

Diungkapkannya bahwa tujuan dari kegiatan inovasi ini yaitu adalah untuk menambah pengetahuan, mengurangi perilaku tidak sehat, serta menurunkan angka hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lampihong terutama hipertensi pada lansia.

“Kami berharap semoga kegiatan ini terus berjalan dan berkembang, selain itu semoga bisa merubah persepsi masyarakat mengenai hipertensi dan membantu menurunkan angka hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lampihong,” tutupnya. (rel/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Perpustakaan Daerah Salurkan Buku untuk Sekolah Terpencil
Iklan