Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Martapura

Dinkes Gelar Skrining Hipertensi-Obesitas

×

Dinkes Gelar Skrining Hipertensi-Obesitas

Sebarkan artikel ini
GELAR SKRINING - Peringati Hari Hipertensi Sedunia 2024, Dinkes Banjar gelar skrining hipertensi dan obesitas. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2024 dengan tema Nasional “Ukur tekanan darahmu dengan tepat, kontrol dengan minum obat teratur untuk hidup lebih lama”, Pemkab Banjar melalui Dinas Kesehatan menggelar Skrining Hipertensi, Jumat (07/06/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan Bidang P2P Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa yang menyasar seluruh pejabat eselon III dan IV serta staf Dinkes.

Kadinkes drg Yasna Khairina mengatakan, kegiatan ini bertujuan menemukan kasus hipertensi secara dini pada karyawan karyawati Dinkes.

“Selain itu juga untuk menemukan kasus obesitas secara dini pada karyawan karyawati,” ujarnya.

Yasna berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh (role model) bagi masyarakat untuk melakukan skrining hipertensi dan rutin memeriksakan diri secara dini serta proaktif jika memang sudah dinyatakan menderita tekanan darah tinggi.

“Skrining hipertensi ini dapat dilakukan di Posbindu PTM maupun Puskesmas,” katanya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemeriksaan skrining obesitas melalui pengukuran tinggi badan, berat badan serta menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT).

Juga pemeriksaan skrining narkoba, yaitu pemeriksaan 6 parameter (amphetamine, methamphetamine, benzodiazepine, cocaine, opium dan THC) terhadap sampel urin seluruh pejabat eselon di Lingkup Dinas Kesehatan Banjar. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Pemkab Banjar Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Aman
Iklan