Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Ibnu Sina Pastikan Pembangunan Jembatan Sungai Jingah Direalisasikan

×

Ibnu Sina Pastikan Pembangunan Jembatan Sungai Jingah Direalisasikan

Sebarkan artikel ini
MAKET- Inilah maket rencana pembangunan Jembatan Sungai Jingah Banjaamasin. (KP/Tangkapan Layar)

Ibnu Sina juga kembali mengajak seluruh stakeholder terkait untuk sama-sama mengawal rencana proyek tersebut

BANJARMASIN, KP – Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kembali memastikan akan merealisasikan proyek pembangunan jembatan Sungai Jingah yang akan menghubungkan dengan Sungai Bilu.

“ Terkait rencana pembangunan jembatan kedelapan yang akan membentang di atas Sungai Martapura ini sekarang masih dalam proses pembebasan lahan,” kata Walikota Ibnu Sina.

Hal itu ditegaskannya, menanggapi kemungkinan terancamnya gagalnya pelaksanaan sejumlah proyek infrastruktur lantaran APBD dalam 2024 ini dilakukan refocusing.

Kepada wartawan. Kamis (13/6/2024) usai rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin dengan agenda disahkan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023.

Ia mengakui, Pemko Banjarmasin juga tetap akan membangun jembatan yang akan menghubungkan Jalan Pramuka Kecamatan Banjarmasin Timur tembus Sungai Gampa Kecamatan Banjarmasin Utara.

Ibnu Sina juga kembali mengajak seluruh stakeholder terkait untuk sama-sama mengawal rencana proyek tersebut.

Dikemukakan pada tahun 2024 ini Pemko Banjarmasin sudah menyiapkan anggaran untuk kepentingan pembebasan lahan.

Khusus pembangunan jembatan Sungai Jingah – Sungai Bilu anggaran pembebasan disiapkan Rp 20 miliar, sedangkan untuk proyek fisiknya diperkirakan menelan dana Rp 100 miliar lebih.

Sedangkan pembangunan jalan dan jembatan yang akan menghubungkan Sungai Gampa diperkirakan menelan dana sebesar Rp 300 miliar yang kemungkinan akan dialokasikan dalam tiga tahun anggaran.

Ibnu mengatakan, karena pembangunan jembatan Pramuka tembus Sungai Gampa membutuhkan biaya cukup besar, maka anggarannya diharapkan tidak hanya dibebankan kepada APBD Kota Banjarmasin, tapi juga dibutuhkan bantuan pemerintah pusat atau provinsi.

Terkait proyek pembangunan jembatan tersebut sebelumnya DPRD Kota Banjarmasin menyatakan dukungannya.

“ Masalahnya karena proyek itu merupakan prioritas pembangunan yang sudah dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banjarmasin,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bonus Voucher Belanja Bagi yang Bervaksin
Iklan