Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Jelang Idul Adha, Harga Cabai Rawit di Balangan Melonjak

×

Jelang Idul Adha, Harga Cabai Rawit di Balangan Melonjak

Sebarkan artikel ini
- Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan beserta tim gabungan saat memantau harga keutuhan pokok di Pasar Adaro Paringin, Kamis (13/6/2024). (Kalimantanpost.com/Antara)

BALANGAN, Kalimantanpost.com – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, harga cabai rawit merah hingga bawang putih di Pasar Adaro Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melonjak.

“Menjelang perayaan Idul Adha ini ada sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan, salah satunya yaitu ada cabai rawit awalnya hanya Rp100 ribu kini jadi Rp120 ribu per kilogram,” kata Kepala Bidang Kemetrologian dan Stabilitas Harga Dinas Perdagangan Balangan Misrinawati di Paringin, Kamis (13/6/2024).

Selain cabai rawit, Misrina menuturkan harga daging ayam juga mengalami kenaikan dari Rp27.000-Rp28.000 per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Namun, Misrina mengungkapkan harga beberapa kebutuhan pokok lain relatif stabil menjelang Hari Raya Idul Adha 2024.

“Alhamdulillah kalau kita lihat dari harga yang kita data rata-rata masih stabil dari harga pada minggu kemarin dan hari ini masih sama, serta untuk ketersediaan juga masih aman menyambut Idul Adha nanti,” ujar mantan Camat Paringin tersebut.

Misrina menuturkan pemantauan harga kebutuhan pokok fokus pada satu lokasi di Pasar Paringin karena mayoritas masyarakat belajar ke pusat perbelanjaan tersebut dan buka setiap hari.

Sementara itu, Analis Perdagangan Dinas Perdagangan Balangan Asbit menambahkan harga minyak goreng juga mengalami kenaikan untuk merk Kunci Mas dari Rp36 ribu menjadi Rp38 ribu per dua liter.

Asbit menyebutkan harga bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan kisaran Rp2.000 hingga Rp5.000 per kilogram.

“Untuk bawang merah awalnya Rp38 ribu sekarang Rp40 ribu per kilogram, dan bawang putih dari Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram,” tutur Asbit. (Ant/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Bank Kalsel Segera Selesaikan Rekomendasi BPK
Iklan