Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Kejutan, Austria Bungkam Belanda 3-2 Sekaligus Lolos 16 Besar, Perancis Ditahan Polandia

×

Kejutan, Austria Bungkam Belanda 3-2 Sekaligus Lolos 16 Besar, Perancis Ditahan Polandia

Sebarkan artikel ini
Selebrasi Marcel Sabitzer (tengah) setelah mencetak gol kemenangan Austria dalam laga pamungkas Grup D Piala Eropa 2024 di Olumpiastadion Berlin pada Selasa (25/6). (Antara/Dok-UEFA)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Ambisi Austria meredam permainan total football Belanda akhirnya terwujud. Austria berhasil membungkam Belanda 3-2 sekaligus memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 dalam laga pamungkas Grup D di Olumpiastadion Berlin, Jerman, Rabu (25/6/2024) dinihari WIB.

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria berkat golnya menjelang akhir pertandingan, dan dua gol lainnya dicetak oleh bunuh diri Donyell Malen dan Romano Schmid.

Belanda sempat dua kali menyamakan kedudukan melalui gol Cody Gakpo dan Memphis Depay.

Kemenangan sebagai juara Grup D dengan perolehan enam poin, sementara Belanda menempati posisi ketiga dengan empat poin.

Untuk bisa lolos ke-16 besar, Belanda masih menunggu hasil lainnya menjadi runner up terbaik ketiga.

Di pertandingan lainnya Grup D, Perancis ditahan imbang Polandia 1-1. Hasil tersebut, Perancis harus puas menjadi runner up dengan poin 5 sekaligus lolos ke-16 besar, sedangkan Polandia menempati juru kunci dengan poin 1.

Sesuai janji Austria akan bermain dengan level tinggi, langsung unggul cepat saat laga baru berjalan tujuh menit akibat gol bunuh diri pemain Belanda Donyell Malen. Gol berawal saat Malen berusaha melakukan blok terhadap umpan silang bek kiri Austria Alexandre Prass. Namun, bola justru masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 1-0.

Usai kebobolan, Belanda baru merespons dengan lebih meningkatkan intensitas serangan. Meski demikian, Belanda masih belum bisa keluar dari tekanan Austria.

Pada menit ke-23 Belanda mendapatkan peluang emas pertama lewat Malen usai mendapatkan umpan dari gelandang keturunan Indonesia Tijani Reijnders. Namun penyelesaian akhirnya masih belum on target.

Malen nyaris menebus kesalahannya pada menit ke-24. Dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Patrick Pentz, tetapi tendangannya meleset dari sasaran.

Baca Juga:  Pato Pimpin Top Skor Liga 1, Cetak Dua Gol Saat Borneo FC Hajar RANS 4-2

Austria hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-38. Bola tendangan Marcel Sabitzer bisa ditepis kiper Belanda, Bart Verbruggen.

Marko Arnautovic nyaris mencetak gol beberapa saat kemudian. Percobaannya di depan gawang dapat digagalkan Verbruggen. Skor 1-0 untuk Austria jadi hasil akhir babak pertama.

Di babak kedua, Belanda langsung memberikan tekanan dan membuahkan gol berkat tendangan Gakpo dua menit babak kedua berjalan.

Berawal dari serangan balik, Xavi Simons mengirim bola terobosan yang disambut Gakpo. Pemain Liverpool itu mengontrol bola sebelum melepaskan bola tembakan yang menjebol pojok kiri gawang Austria. Skor berubah 1-1.

Austria kembali unggul pada menit ke-59. Romano Schmid yang mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan silang Florian Grillitsch, Schmid menanduk bola dan mengenai kaki bek Belanda, Stefan de Vrij selum masuk ke dalam gawang. Austria memimpin 2-1.

Belanda kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Memphis Depay menyepak masuk bola tandukan Wout Weghorst di kotak penalti.

Wasit sempat menganulir gol Depay karena dianggap handball. Namun, gol dinyatakan sah setelah melihat tayangan ulang Video Assistant Referee (VAR). Skor 2-2.

Austria mencetak gol ketiga penentu kemenangan mereka pada menit ke-80. Kali ini giliran Marcel Sabitzer yang mencetak gol.

Sabitzer lolos dari jebakan offside dan menembak masuk bola umpan Baumgartner dari sudut sempit. Austria unggul 3-2.

Belanda gagal mengejar ketertinggalan di sisa waktu pertandingan. Skor 3-2 untuk Austria jadi hasil akhir pertandingan.

Di pertandingan lainnya Grup D, Perancis dipastikan melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 meski bermain imbang 1-1 melawan Polandia dalam laga pamungkas Grup D di Signal-Iduna Park, Rabu dinihari.

Baca Juga:  Tekad Emas Sofi'i di Laga Terakhir Wakili Kalsel

Masing-masing gol dari kedua tim dicetak melalui tendangan penalti. Kylian Mbappe membuka keunggulan untuk Perancis sebelum Polandia menyamakan kedudukan berkat Robert Lewandowski.

Kedua tim bermain menyerang sejak pertandingan dimulai. Polandia, yang sudah dipastikan tersingkir dari Euro 2024, bermain lepas sehingga mampu merepotkan Perancis sejak awal.

Polandia menciptakan peluang pertama pada menit ke-6 melalui tendangan Piotr Zielinski, tetapi bola masih bisa diredam Mike Maignan.

Perancis membalas lima menit berselang. Berawal dari umpan tarik Dembele, Theo Hernandez punya kans mencetak gol melalui sepakannya dari sudut sempit. Namun, kiper Polandia Lukasz Skorupski masih bisa menghentikannya dengan kaki.

Perancis pelan-pelan mulai mengambil alih permainan dan mengurung Polandia.

Mbappe mempunyai peluang jelang akhir babak pertama, namun tendangannya di kotak penalti setelah bermain satu dua dengan Bradley Barcola masih bisa diantisipasi kiper.

Babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Perancis masih mendominasi permainan dengan sejumlah peluang diciptakan melalui Mbappe dan Ousmane Dembele.

Perancis akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 melalui tendangan penalti.

Penalti diberikan wasit setelah Jakub Kiwior melanggar Ousmane Dembele di kotak penalti. Mbappe maju menjadi eksekutor dan dengan mudah memasukan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk Prancis.

Gol ini sekaligus menjadi gol pertama Mbappe di ajang Piala Eropa.

Usai gol, Perancis mengganti banyak pemainnya, sementara Polandia juga memasukkan dua pemain baru, salah satunya Karol Swiderski.

Kali ini giliran Polandia yang mendapatkan penalti setelah Swiderski membuat Dayot Upamecano membuat kesalahan dengan melanggarnya di kotak penalti.

Awalnya, wasit tidak menganggapnya pelanggaran. Namun, Upamecano terbukti melakukan pelanggaran setelah wasit Marco Guida asal Italia meninjau tayangan ulang VAR.

Baca Juga:  Persiapan Kejurnas Shotokai 2022 Karateka Jalani Pemusatan Latihan

Robert Lewandowski menjadi eksekutor, dan sempat gagal mengecoh Maignan. Sepakannya ditepis, tetapi penalti harus diulang karena kaki Maignan lebih dulu maju.

Lewandowski kali ini tidak membuang kesempatan keduanya dan sukses menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-79. Di sisa waktu, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga bubar. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup D
Senin (17/6) dinihari

  • Belanda vs Polandia 2-1

Selasa (18/6) dinihari

  • Perancis vs Austria 1-0

Sabtu (22/6) dihari

  • Polandia vs Austria 1-3
  • Perancis vs Belanda 0-0 Selasa (25/6) pukul 23.00 WIB
  • Perancis vs Polandia 1-1
  • Austria vs Belanda 3-2

Klasemen Akhir
Grup D

  1. Austria 3 2 0 1 6-4 6
  2. Perancis 3 1 2 0 2-1 5
  3. Belanda 3 1 1 1 4-4 4
  4. Polandia 3 0 1 2 3-6 1

Iklan
Iklan