Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATanah Laut

Kesiapsiagaan dan Kompetensi jadi Komponen Penting

×

Kesiapsiagaan dan Kompetensi jadi Komponen Penting

Sebarkan artikel ini

Pelaihari, KP – Petugas Damkar Keamanan dan keselamatan masyarakat adalah prioritas utama dalam pembangunan daerah. Salah satu komponen penting dalam mewujudkan hal tersebut adalah kesiapsiagaan dan kompetensi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hairul Rijal, saat membuka kegiatan In House Training Kualifikasi Diklat Pemadam I Program 70 JP Kabupaten Tala Tahun 2024. Bertempat di Aula Diklat Taman Labirin Kecamatan Tambang Ulang, Selasa (4/6/2024).

“Pelatihan dasar kepada 44 petugas damkar ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petugas damkar dalam menghadapi berbagai situasi darurat dan bencana, apalagi menghadirkan pelatih dari provinsi dan nasional,” ungkap Hairul Rijal.

Ia melanjutkan, in house training ini bukan Hanya sekedar formalitas atau kewajiban rutin, melainkan sebuah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi dengan serius. Penyelenggaraan Diklat ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme anggota damkar Kabupaten Tala dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Peran pemadam kebakaran sangat vital, tidak hanya dalam memadamkan kebakaran, tetapi juga dalam melakukan pencegahan, penyelamatan, dan penanggulangan bencana lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi dan metodologi terbaru di bidang pemadam kebakaran,” tuturnya.

Hairul juga berharap, melalui diklat ini para peserta dapat, meningkatkan pengetahuan teknis dan praktis mengenai pemadaman kebakaran dan penyelamatan, mengembangkan kemampuan dalam menghadapi berbagai situasi darurat dengan sigap dan tepat, menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama tim yang solid dan memahami pentingnya tindakan pencegahan dan keselamatan kerja dalam operasional sehari-hari.

Selain itu, Ia juga berharap pelatihan ini dapat meningkatkan professionalisme, memperdalam pengetahuan teknis, serta memperkuat mental dan fisik dalam menjalankan tugas-tugas pemadam kebakaran dan penegakan peraturan daerah.

Baca Juga:  Pemkab Tapin Kaji Tiru Mini Mal Pelayanan Publik Kecamatan Sukodono 

“Kepada seluruh peserta, saya berpesan agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diklat ini dengan penuh semangat dan dedikasi, memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar dan bertanya, sehingga ketika kembali ke lapangan, saudara-saudara dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dengan optimal. Ingatlah bahwa tugas kita adalah melindungi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” pungkas Hairul Rijal. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan