Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Mau Masuk Sekolah, Perlengkapan Alat Tulis Mulai Diburu Warga

×

Mau Masuk Sekolah, Perlengkapan Alat Tulis Mulai Diburu Warga

Sebarkan artikel ini
Alat Tulis - Konsumen memilih alat-alat tulis dan perlengkapan sekolah lainnya di Toko Jaya Mas Stationery, Jalan Kuripan Banjarmasin. (Kalimantanpost.com/Opiq)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Setiap berganti tahun ajaran baru menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang, misalnya saja seperti pedagang seragam sekolah dan alat-alat tulis atau perlengkapan sekolah.

Nah, di tahun ajaran baru 2023/2024 ini pun para pedagang kebanjiran orderan seragam dan alat-alat perlengkapan sekolah.

Sejumlah toko seragam sekolah ataupun alat-alat tulis di Banjarmasin mulai ramai didatangi warga, khususnya para orang tua yang yang ingin belanja kebutuhan sekolah anak-anaknya.

Salah satu toko yang menyediakan perlengkapan alat-alat tulis cukup lengkap, Jaya Mas Stationery di Jalan Kuripan Banjarmasin juga mulai sibuk melayani pelanggan.

“Penjualan perlengkapan sekolah akan meningkat menjelang masuk sekolah, biasanya sih di pertengahan bulan Juli nanti,” ungkap salah satu karyawan Jaya Mas Stationery, Sabtu (29/7/2024) malam.

Ia mengungkapkan, biasanya setiap tahun lonjakan penjualan mencapai 90 persen dibanding hari-hari biasanya. Terutama satu pekan terakhir sebelum masuk sekolah.

“Sekarang memang belum puncaknya. Tapi sebagian orang tua sudah mulai banyak yang datang untuk membeli, karena tidak ingin repot lagi nantinya. Apalagi kalo sudah dekat harinya tambah banyak orang yang datang, jadi agak berdesakan,” imbuhnya.

Dia juga mengungkapan, yang paling banyak dicari konsumen adalah buku tulis, buku gambar, sampul buku, pulpen, pensil, penggaris, karet penghapus dan tipe-ex.

Untuk buku tulis, ada berbagai merek yang dijual, seperti diantaranya Sidu, Son, Kiky, Okey, Sieco, Big Bos dan Paperus. Harganya bervariasi, tergantung merek, ukuran hingga jumlah lembaran bukunya.

“Harganya macam-macam, mulai Rp 26.000 per pack (isi 10 buku) sampai Rp 1 jutaan per box (isi 40 pack),” jelasnya.

Selain itu, konsumen juga banyak mencari tas, botol minum atau thumbler hingga set tempat makan atau bekal untuk keseharian anak-anak mereka di sekolah.

Baca Juga:  Telkom melalui Finnet Permudah Implementasi Sistem e-Visa Ditjen Imigrasi Kemenkumham

“Kita mulai buka toko seperti biasa pukul 8 pagi dan tutup jam 9.30 malam. Tapi, biasanya kalo masih banyak konsumen yang datang belanja kita bisa tutup sampai jam 11 malam,” jelasnya.

Salah seorang konsumen, Rizki, menuturkan dirinya sengaja belanja peralatan sekolah untuk anak-anaknya lebih awal agar nanti tidak lagi kepikiran.

“Iya, lebih tenang aja jika sudah dipersiapkan lebih awal. Kalo sudah mepet waktunya nanti kita juga yang repot. Belum lagi jika nanti kita ada kesibukan mendadak,” ujar warga Jalan Pramuka Banjarmasin ini.

“Tadi beli alat-alat tulis buat keperluan sekolah anak-anak, seperti buku tulis, pensil dan pulpen. Beli 2 pack untuk anak yang naik kelas 2 SD dan 4 pack buat kakaknya yang naik kelas 6 SD,” katanya menambahkan. (Opq/KPO-1)

Iklan
Iklan