Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Pemprov Kalteng Salurkan 1.000 Paket Sembako di Daerah Ini, Masyarakat Hanya Bayar Rp 20.000

×

Pemprov Kalteng Salurkan 1.000 Paket Sembako di Daerah Ini, Masyarakat Hanya Bayar Rp 20.000

Sebarkan artikel ini
Kadis PMD Kalteng Aryawan serahkan paket sembako di Plamboyan bawah Palangka Raya. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com –
Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau Lebaran Haji 2024, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran melalui jajaran di Pemerintah Kalteng menginisiasi pasar murah di Dermaga Flamboyan, Kelurahan Langkai, Kota Palangka Palangka, Jumat (7/6/2024).

Pasar murah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Prov. Kalteng H. Aryawan mewakili Gubernur Kalteng.

Aryawan mengatakan pasar murah ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) sekaligus guna mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga dan kelangkaan barang menjelang Idul Adha 1445 H ini yang dapat memacu inflasi daerah.

Ia mengungkapkan berdasarkan rilis BPS, pada Mei 2024, inflasi Kalteng masuk urutan terendah dibanding nasional.

Menurutnya, inflasi Kalteng menurun disebabkan gencarnya dilaksanakan pasar murah di kabupaten/ kota yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng.

Dikatannya, adapun tujuan dari dilaksanakannya pasar murah ini untuk membantu masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan 9 (sembilan) bahan pokok.

“Pemerintah punya kebijakan dalam melaksanakan pasar murah yang mana harga paket sembakonya masih bisa dijangkau masyarakat”, tuturnya.

Pada kesempatan ini, khusus di Kelurahan Langkai dibagikan 1.000 paket sembako kepada masyarakat yang diberikan secara bertahap yakni tahap pertama sebanyak 500 paket terlebih dahulu.

Pada pasar murah hari itu, disalurkan beras premium 10 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 900 ml dengan total harga Rp 200.000 dan kemudian disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp.180.000, sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp.20.000, per paket.

Lurah Langkai Sriwanti atas nama seluruh masyarakat Kelurahan Langkai mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng yang sudah banyak sekali membantu warga Langkai.

Dijelaskannya pada beberapa waktu lalu, Gubernur Kalteng beserta jajaran juga telah membantu warga Kelurahan Langkai yang terkena musibah kebakaran.

Baca Juga:  Wagub Kalteng Ingatkan Tingginya Stunting di Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya

Diakuinya, sungguh sangat luar biasa bantuan yang diberikan itu. “Karena sangat membantu meringankan beban warga kami dan bantuan ini tepat sasaran karena warga di Flamboyan memang layak menerima bantuan terkhusus kepada warga yang terkena musibah kebakaran,” ucap Sriwanti.

Ia berharap kedepannya masih ada lagi bantuan-bantuan seperti pasar murah dan bantuan lainnya dari Pemprov Kalteng.

Pelaksanaan pasar murah di Kota Palangka Raya digelar serentak di lima titik diantaranya di halaman Masjid Pahandut Seberang yakni Kelurahan Pahandut Seberang.

Berikutnya di Flamboyan bawah di Kelurahan Langkai, Kantor Kelurahan Pahandut, Pelabuhan Rambang di Kelurahan Pahandut dan Mendawai Bawah di Kelurahan Palangka.

Tampak hadir pembukaan pasar murah diantaranya Inspektur Kalteng Saring, Kepala BKD Kalteng Lisda Arriyana serta Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalteng Budi Cahyanto.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan