Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Slovenia Tahan Imbang Denmark 1-1, Belanda Taklukkan Polandia di Piala Eropa 2024

×

Slovenia Tahan Imbang Denmark 1-1, Belanda Taklukkan Polandia di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
perdana Grup C antara Slovenia kontra Denmark berakhir imbang 1-1 Bek Slovenia Jon Gorenc Stankovic (kanan) berduel memperebutkan bola dengan gelandang Denmark Christian Eriksen (kiri) pada pertandingan Grup C Piala Eropa 2024 di Stuttgart Arena, Stuttgart, Minggu (16/6/2024). (Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Mampu menahan imbang Slovenia kontra Denmark berakhir imbang 1-1 dalam pertandingan Grup C Piala Eropa 2024 di MHPArena, Stuttgart, Senin (17/6/2024).

Hasil itu membuat Denmark dan Slovenia sama-sama mengoleksi satu poin. Inggris menempati posisi puncak Grup C dengan poin 3 setelah menundukkan Serbia 1-0.

Dipertandingan lainnya Grup D, Timnas Belanda memulai laga perdana dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Polandia dalam matchday 1 Piala Eropa (Euro) 2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu malam WIB.

Polandia sempat unggul lebih dulu melalui gol Adam Buksa sebelum tim Oranje membalikkan keadaan lewat dua gol yang dicetak oleh Cody Gakpo dan Wout Weghorst.

Kemenangan ini membuat Belanda memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, sedangkan Polandia menepati dasar klasemen, demikian dikutip dari laman resmi UEFA.

Dua tim Grup D lainnya, Prancis dan Austria baru akan bertanding pada Selasa (18/6) dini hari WIB.

Duel antara Slovania melawan Denmark berlangsung seru dan menarik.

Denmark membuka keunggulan melalui gol Christian Eriksen pada menit ke-17, tetapi Slovenia mampu menyamakan kedudukan berkat gol Erik Janza pada menit ke-77.

Penyerang Slovenia Benjamin Sesko hampir membobol gawang Denmark yang dikawal Kasper Schmeichel melalui sepakan spekulasi jarak jauhnya.

Namun beberapa menit kemudian justru Denmark yang membuka keunggulan. Lemparan ke dalam cepat diteruskan Jonas Wind dengan sepakan tumit untuk mengarahkannya kepada Eriksen, yang melepaskan tembakan mendatar ke sudut kanan bawah gawang Slovenia untuk membawa Denmark memimpin.

Beberapa saat berselang, Andraz Sporar mendapat ruang di lini pertahanan Denmark akibat Sesko dikawal ketat kubu tim dinamit. Namun ia gagal menguasai bola dengan baik dan peluang yang ada pun terbuang percuma.

Baca Juga:  Delapan Klub Berlaga di Piala Presiden, Digulir 19 Juli 2024

Sesko hampir membawa Denmark unggul dua gol saat ia tidak dapat menyapu bola dengan sempurna di dalam kotak penaltinya. Jan Oblak hanya dapat mengamati saat bola hasil kemelut itu melenceng keluar sedikit dari gawangnya. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 bagi Denmark.

Kiper Slovenia Oblak harus melakukan penyelamatan penting untuk mencegah Rasmus Hojlund menggandakan keunggulan Denmark. Ia memblok sepakan penyerang Manchester United itu dari jarak dekat untuk menjaga gawangnya tidak kemasukan lebih banyak.

Adam Gnezda Cerin melepaskan umpan silang melebar saat Slovenia terus menekan untuk menyamakan kedudukan, dan sepakan Andraz Sporar melebar saat ia menyambut bola tendangan bebas.

Gol yang dinantikan kubu Slovenia tercipta pada fase akhir pertandingan. Denmark tidak mampu menyapu bola tendangan sudut dengan sempurna, dan sepakan setengah voli Janza dari luar kotak penalti sedikit mengenai Morten Hjulmand untuk mengecog Schmeichel. Skor kini imbang 1-1.

Sporar memiliki peluang terakhir untuk membawa Slovenia berbalik unggul setelah ia mampu melewati Jannik Vestergaard, tetapi sepakannya hanya mengenai jaring samping gawang ketika upaya Schmeichel terlihat sedikit mengenai bola.

Baca juga: Denmark vs Slovenia: dendam terbayar tunai atau tetap penasaran

Daftar susunan pemain:

Slovenia: Jan Oblak, Zan Karnicnik, Vanja Drkusic, Jaka Bijol, Erik Janza, Petar Stojanovic, Gnezda Cerin, Timi Max Elsnik, Jan Mlakar, Andraz Sporar, Benjamin Sesko

Pelatih: Matjaz Kek

Denmark: Kasper Schmeichel, Andreas Christensen, Joachim Andersen, Jannik Vestergaard, Alexander Bah, Morten Hjulmand, Pierre-Emile Hojberg, Victor Kristiansen, Christian Eriksen, Jonas Wind, Rasmus Hojlund

Pelatih: Kasper Hjulmand

Iklan
Iklan