Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Barito Kuala

Sekda Batola Sweeping Pengukuran Penimbangan Balita

×

Sekda Batola Sweeping Pengukuran Penimbangan Balita

Sebarkan artikel ini
Sekda Batola yang juga sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Zulkipli Yadi Noor sweeping langsung pengukuran, penimbangan Balita. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemkabbatola)

BATOLA, Kalimantanpost.com- Intervensi penurunan dan pencegahan stunting oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala semakin serius ditindaklunjuti oleh ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Zulkipli Yadi Noor. Terbukti, pada Rabu (3/7) Satgas TPPS Barito Kuala turun serentak ke sembilan kecamatan yang angka capaian penimbangan dan pengukurannya masih dibawah 95 persen.

Di Kecamatan Tabukan Desa Karya Makmur, satu dari sembilan kecamatan yang dilaksanakan intervensi serentak, Zulkipli hadir langsung memantau proses penimbangan dan pengukuran balita. Didampingi Camat Tabukan, Kapolsek, anggota TNI, Kepala Puskesmas, Kades dan tim Satgas Kabupaten sweeping langsung door to door itu berlangsung lancar.

Zulkipli mengaku bersyukur dari 11 desa dan 6 RT pelaksanaan sweeping mendapatkan respon yang baik dari orang tua balita.

Penimbangan yang dilakukan pada anak untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan merupakan salah satu strategi pemerintah untuk melihat prevalensi stunting. Diantaranya termasuk penginputan data anak menggunakan Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (E-PPGBM) oleh Pemkab Barito Kuala.

“Memang permasalahan banyak terkait kenapa orang tua enggan datang ke posyandu. Ada yang dilarang suami, anak yang dipelihara oleh neneknya, pertimbangan jarak, dan berbagai alasan orang tua yang tidak membawa anaknya ke posyandu. Secara umum respon bagus, kami berharap cakupan pengukuran balita di kabupaten Barito Kuala itu sesuai target 95 persen. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta ikut juga membantu proses sweeping ini,” ungkap Zulkipli Ketua TPPS Barito Kuala. (agung/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  PKK Bantu Warga Terdampak di Tamban dan Tabunganen
Iklan