Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Tingkatkan Peran dan Eksistensi Bangun Umat, Pemprov Kalteng Gelar Ini

×

Tingkatkan Peran dan Eksistensi Bangun Umat, Pemprov Kalteng Gelar Ini

Sebarkan artikel ini
Foto bersama peserta Kelembagaan Bina Spiritual Tahun 2024, di Palangka Raya, Selasa (9/7/2024). (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Ahmad Pahruka mewakili Sekda Kalteng, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kelembagaan Bina Spiritual Tahun 2024, di Palangka Raya, Selasa (9/7/2024).

Plt Kepala Biro Kesra Ahmad Pahruka menyatakan, pembinaan dan pengembangan lembaga agama dan keagamaan, merupakan langkah konkrit untuk menguatkan dan membina serta mengembangkan lembaga agama dan keagamaan demi meningkatkan peran dan eksistensinya dalam membangun umat.

“Semua ini untuk membangun umat, tentunya perlu sinergisitas antara pemerintah dengan berbagai stakeholder termasuk lembaga agama dan keagamaan,” ucapnya.

“Sinergi dapat diwujudkan, salah satunya dengan implementasi melalui Sosialisasi Regulasi Tanda Daftar Lembaga Keagamaan dan Rumah Ibadah serta Kebijakan Pengelolaan Dana Hibah Provinsi Kalimantan Tengah,” tambah Plt Kepala Biro Kesra.

Dikemukakannya, terkait upaya meningkatkan kualitas organisasi, berbagai upaya dilakukan salah satunya peningkatan pemahaman beragama yang semakin baik, peningkatan kualitas kerukunan beragama, serta meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana keagamaan dan pendidikan keagamaan.

“Selain itu, meningkatkan pemahaman pengurus lembaga/organisasi terkait peraturan dan regulasi agar pedoman dan pendaftaran organisasi kegiatan bisa dilaksanakan secara benar sesuai aturan yang berlaku” imbuhnya.

Menurut Plt Kepala Biro Kesra, kegiatan tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penataan administrasi manajemen organisasi keagamaan.

Diharapkan kegiatan ini akan terus dilaksanakan, sebagai wujud partisipasi aktif Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Lembaga Keagamaan, dalam pembangunan moral dan spiritual untuk mencapai keadilan, kemakmuran, kesejahteraan masyarakat dan daerah serta negara.

Juga akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kalimantan Tengah, yang “semakin cerdas dan berakhlak untuk Mewujudkan Kalteng BERKAH (Bermartabat, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis) dalam Keberagaman” tandasnya.

Sementara itu Kabag Sarana dan Prasarana Spiritual Eka Dyan Satya Hadi melaporkan, kegiatan sosialisasi tersebut mengusung tema Penguatan Sinergisitas antara Pemerintah dan Lembaga Keagamaan.

Baca Juga:  El Nino dan Tahun Politik Mempengaruhi Ekonomi Kalteng

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Bagian Kesra Setda Kabupaten/Kota se Kalteng dan lembaga keagamaan atau organisasi masyarakat Kalteng sebanyak 80 orang, dan hadir sebagai narasumber dari Kementerian Agama Kalteng dan dari Biro Kesra Setda Kalteng” ungkapnya.

Disela acara, kepada media Fahruka menjelaskan tahun ini Pemerintah Provinsi menyediakan dana hibah sebesar Rp 85 milyar untuk sejumlah lembaga keagamaan. Jumlah itu dana dengan tahun lalu. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan