Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan

Space Iklan
Kalsel

SENASTIKA Bukti Nyata Uniska Dukung Perkembangan Teknologi Berkelanjutan

×

SENASTIKA Bukti Nyata Uniska Dukung Perkembangan Teknologi Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
IMG 20241027 WA0042 scaled e1730038962532
Space Iklan

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari kembali sukses menggelar acara tahunan Seminar Nasional Teknik UNISKA, atau yang lebih dikenal dengan SENASTIKA 2024.

Seminar itu juga sebagai media bertemunya para akademisi, peneliti, mahasiswa, dan praktisi industri untuk berbagi wawasan dan temuan terbaru dalam bidang teknologi dan inovasi.

Iklan

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Peran Rekayasa dan Inovasi Ilmu Teknik dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan bekelanjutan’, seminar itu diikuti oleh ratusan peserta dari mahasiswa dan Dosen Teknik Uniska serta dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa sub topik yang dibahas dalam seminar itu meliputi energi terbarukan, teknologi ramah lingkungan, Geo Teknik, Tranportasi dan Infrastruktur Jalan. Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Uniska Prof. Ir. Abd Malik MPt. PhD. IPU. Asean Eng.

Abdul Malik dalam sambutannya menyampaikan pentingnya inovasi teknologi untuk menghadapi tantangan global saat ini. “Seminar ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam mendukung perkembangan teknologi yang berkelanjutan,” katanya.

“Harapan kami, hasil penelitian dan inovasi yang dipresentasikan di sini dapat diaplikasikan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat,” sambung Abdul Malik.

Selain sesi seminar, SENASTIKA 2024 juga menyelenggarakan sesi diskusi panel dari peneliti dari berbagai daerah di Indonesia. Diskusi tersebut berupa pemaparan dari peneliti yang bersedia sebagai pemakalah dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka dengan luaran berupa publis pada Prosiding ber ISBN dan Jurnal kategori Sinta 4.

Sesi diskusi panel tersebut diikuti beberapa peneliti di bidang teknik yang membahas isu-isu terkini serta solusi praktis yang bisa diterapkan di Indonesia. Para peserta sangat antusias mengikuti SENASTIKA mengingat banyaknya topik menarik dan pembicara ahli yang dihadirkan.

Baca Juga :  1,5 Ton Sampah Terkumpul dari Jalan Protokol

Mereka berharap kegiatan semcam itu terus berlanjut sebagai ajang untuk mempererat kolaborasi dan pertukaran ilmu pengetahuan, khususnya di bidang teknologi.

Adapun narasumber utama yang di hadirkan yaitu Dr. Ir H Agus Wiransya Oscar ST. MT. IPU. dari praktisi sekaligus Dosen Fakultas Teknik Uniska. Dr. Ir. Wawan Aries Widodo. ST. MT. IPM. Asean Eng. dari Institut Sepuluh Nopember Surabaya serta Prof Dr. Ir. Pratikso MT. PhD dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Melalui SENASTIKA 2024, Dekan Fakultas Teknik Ir Firda Herlina ST. M.Eng dalam sambutannya menegaskan kembali komitmen untuk terus mendukung riset dan pengembangan di bidang teknologi. Hasil dari seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan kemandirian teknologi dan keberlanjutan bangsa.

Sementara itu Dr. Gusti Rusydi FS. ST.MT selaku Ketua Panitia menjelaskan, SENASTIKA tahun ini melebihi dari pelaksanaan tahun sebelumnya, “tentu ini juga peran panitia yang sangat bekerja keras dalam persiapannya,” tutupnya.(Sfr/KPO-3)

Iklan
Iklan
Ucapan