Ayo Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

CUCI TANGAN – Ketua TP PKK Ririen Kartika mencontohkan cuci tangan yang benar dihadapan siswa SDN 02 Landasan Ulin Utara. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Peringatan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia serta Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2018, digelar di SDN 02 Landasan Ulin Utara, kemarin.

Kegiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini, Asisisten II Mahrina Noor, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Siti Hamdah, Kadis Kesehatan drg Agus Widjaja, Kadis Dalduk KB PMP dan PA Ir Puspa Kencana.

Ririen mengatakan, sesuai misi Pemko Banjarbaru, masalah kesehatan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu perlu dukungan semua pihak dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik.

“Kami juga mengingatkan pentingnya mencuci tangan memakai sabun, khususnya kepada anak-anak. Peringatan cuci tangan pakai sabun se Dunia merupakan kampanye untuk menggalakkan perilaku ini sebagai upaya menurunkan tingkat kematian, pencegahan penyakit dan penyebaran infeksi yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia,’’ tandasnya.

Menurutnya, membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini. Agar perilaku ini menjadi kebiasaan, minimal harus dilakukan 21 hari dengan konsisten dan disiplin.

“Terutama setelah buang air, sebelum makan, menghidangkan makanan serta setelah memegang hewan atau benda kotor,’’ katanya.

Ririen juga berpesan kepada guru dan siswa SDN 02 Landasan Ulin Utara agar mencuci tangan waktu selesai bermain atau waktu istirahat sebelum makan.

Ditambahkan Ririen, Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan mempromosikan penggunaan pangan berbasis produk perikanan yang kita kenal dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Makanan kita konsumsi hendaknya bergizi tinggi dan dapat menyehatkan badan. Tidak harus mahal dan bisa diperoleh dari ikan karena mengandung zat zat dibutuhkan, seperti protein, mineral, asam amino, terutama omega 3 tinggi,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...