Banjarbaru Siap Jadi “Kota Masa Depan’’

Banjarbaru, KP – Kepala Bappeda Banjarbaru Kanafi mengatakan, dalam kegiatan pengembangan kota baru di Kota Banjarbaru, Pemko dan berbagai pihak telah menetapkan bahwa kawasan ini akan mengiringi tema “Aero City’’, sebuah kawasan yang akan terintegrasi dan memanfaatkan keberadaan bandara sebagai daya ungkit pertumbuhan wilayah.

“Luas kawasan yang akan direncanakan sekitar 5.620,08 hektare, dengan fokus pengembangan sebagai pusat permukiman baru yang layak huni dan didukung fasilitas ekonomi dan sosial budaya lengkap guna mencegah terjadinya permukiman tidak terkendali (urban sprawl) akibat urbanisasi di kota otonom terdekatnya,’’kata Kanafi, kemarin.

Menurutnya, saat ini Banjarbaru terus berkembang pesat dengan laju pertumbuhan tertinggi di Kalsel yaitu 6,95 persen, hal ini karena adanya perpindahan penduduk dari luar, baik dari Kalimantan maupun luar daerah. Selain itu perkembangan Banjarbaru ini juga diikuti meningkatnya kualitas hidup masyarakat setempat.

“Hal ini terlihat dari nilai IPM Banjarbaru yang juga tertinggi di Kalsel yaitu 77,96,’’ tandasnya.

Perkembagan Banjarbaru ini juga menyebabkan semakin terbukanya wilayah setempat, baik sebagai kawasan permukiman, pusat perkantoran provinsi, perdagangan dan jasa, Bandar Udara Syamsudin Noor serta yang tak kalah pentingnya merupakan perlintasan berbagai daerah di Kalsel maupun regional Kalimantan.

“Melihat berbagai keunggulan inilah, kami sangat optimis Banjarbaru menjadi “Kota Masa Depan’’, khususnya di Kalsel. Pengembangan kota baru di Banjarbaru sendiri merupakan bagian dari pengembangan 10 kawasan perkotaan baru di Indonesia yang tercantum dalam RJMN 2014–2019,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...