BNNK Balangan Bekali Anggota Pramuka Cara Pencegahan Narkoba

Paringin, KP – Sebanyak 40 anggota pramuka tingkat pelajar dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Balangan, Rabu (21/11) kemarin mengikuti Diseminasi Informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), melalui pemanfaatan media konvensional tatap muka di lingkungan pendidikan.

Bertempat di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Paringin, kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan. Yang berperan sebagai narasumber secara langsung yaitu Kepala BNNK Balangan, AKBP Agus Lukito dan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Iwan Rasoully.

Agus mengungkapkan, pelajar yang tergabung dalam kegiatan ini yaitu para anggota Pramuka masing-masing sekolah. Alasannya, karena anggota Pramuka memiliki jiwa korsa, sehingga sensitif terhadap pergeseran pengaruh pergaulan lingkungan.

“Dengan begitu kita berharap, para pelajar anggota Pramuka ini lebih perhatian dengan pergeseran pergaulan di lingkungan sekitarnya, sehingga bisa memberikan edukasi kepada sesamanya,” ujar Agus.

Berita Lainnya

Pencanangan Kampung KB di Desa Sungai Bahim

Sembilan Desa Dicanagkan Kampung KB

1 dari 76
Loading...

Lebih jauh Agus mengharapkan jika ada masalah-masalah pribadi salurkan ke kegiatan-kegiatan positif seperti kepramukaan, olahraga, seni, sastra, budaya, atau kelompok-kelompok penulisan karya ilmiah.

“Lari ke narkoba akibatnya akan kecanduan. Akibatnya adalah kerusakan fisik dan psikis sampai over dosis bahkan kematian,” imbuhnya.

Sementara itu, Iwan menuturkan, materi yang dipaparkan kepada para anggota Pramuka yaitu tak terlepas dari pengenalan apa saja jenis-jenis narkotika, dan hidup sehat tanpa narkoba.

“Setidaknya dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, bagus lagi kalau bisa mengedukasi teman-teman dan lingkungannya,” pungkasnya. (rel/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya