Bupati kembali Canangkan Dua Desa Kampung KB kembali Canangkan Dua Desa Kampung KB

Kotabaru, KP – Kedua desa yang di canangkan sebagai kampung KB oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al-Idrus juga pada dua kecamatan yang berbeda, yakni Desa Sukamaju kec.Sampanahan dan Desa Magalau hilir Kec. Kelumpang Barat, (6/11).

Pada Acara tersebut, selain dihadiri oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar Al-Idrus, SH, Ketua TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, juga Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan Ir. Ramlan, MA, Pejabat SKPD, Perwakilan Lanal Kotabaru, Danramil Sampanahan, Perwakilan Kapolsek Sampanahan, Kepala Desa se Kecamatan Sampanahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tamu Undangan Lainya.

Sambutan kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan Dra. Dina Agustina yang dibacakan oleh Ir. Ramlan mengatakan, “Pada hari ini kita dapat bersama sama mengikuti kegiatan pencanangan Kampung KB Desa Sukamaju Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Bupati Kotabaru dan jajarannya yang telah mencanangkan serta melaksanakan integrasi kegiatan Kampung KB Desa Sukamaju dengan baik dan lancar.

Kita tengok sejarah program KB ternyata usianya sudah 50 tahun semenjak lembaga keluarga berencana nasional didirikan pada tahun 1968 dan lembaga semi friend semi pemerintah tersebut beroperasional selama 2 tahun dan pada tahun 1970 resmi lah program KB dikelola secara penuh oleh pemerintah di bawah naungan badan koordinasi Keluarga Berencana nasional atau yang disingkat BKKBN.

Jadi usia program tapi sudah menginjak usia emas selama 50 tahun walaupun pemberi pada Peringatan Hari Keluarga Nasional baru ke 25 tahun atau usia di mana pada tahun 1993 untuk pertama kali peringatan tersebut terlaksana di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga BKKBN memiliki tanggung jawab dalam menekan dan menurunkan angka laju pertambahan penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikenal untuk mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut Presiden Jokowi telah mencanangkan secara nasional Kampung KB yaitu satuan Wilayah Tingkat desa atau sebutan lain dengan kriteria tertentu yang melaksanakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara komprehensif dan terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Sementara sambuatan Plt kepala dinas pemberdayaan perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotabaru, H. Joni Anwar mengatakan, “Alhamdulillah hari ini kita sama-sama diberikan kekuatan dan kemampuan sama-sama diberikan kesehatan lahir dan batin sehingga bisa hadir di tempat ini dalam rangka pencanangan Kampung KB di Desa Sukamaju Kecamatan sampanahan Kabupaten Kotabaru. Kami melaporkan acara pencanangan Kampung KB di Desa Sukamaju Kecamatan sampanahan Kabupaten Kotabaru Kampung KB adalah merupakan salah satu program dalam rangka upaya penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Tujuan pencanangan Kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil Sehat Sejahtera.

Kemudian tujuan selanjutnya pencanangan Kampung KB adalah untuk meningkatkan peran pemerintah Pemerintah Daerah lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan Keluarga Berencana pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait lainnya yang kedua meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan dan meningkatkan jumlah peserta KB aktif modern kemudian yang keempat meningkatkan ketahanan keluarga melalui program Bina Keluarga balita Bina Keluarga remaja Bina Keluarga lansia dan pusat informasi dan konseling remaja.

Pada kesempatan nya Bupati Kotabaru Sayid Jafar, SH menyampaikan dalam acara tersebut, bahwa, “Satuan Wilayah Tingkat RW Dusun yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga KKPK dan pembangunan sektor terkait pelaksanaan secara sistematis dan dengan tujuan secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kkbpk serta pemenuhan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, merupakan tujuan pelaksanaan kegiatan pencanangan Kampung KB di Desa Sukamaju ini.

Diharapkan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan akan berperan aktif dalam mendukung kegiatan ini dengan mengembangkan dan melakukan sosialisasi kebijakan pengendalian penduduk, guna mewujudkan Pembangunan berwawasan kependudukan serta melakukan analisis dampak kependudukan melakukan pembinaan dan peningkatan kesetaraan keluarga berencana melalui pembinaan dan kemandirian”, ujar Bupati melanjutkan

“Saya menginstruksikan kepada SKPD terkait agar mengalokasikan program dan kegiatannya ke Kampung KB, dalam hal ini peran masyarakat berposisikan menjadi penting karena yang menjadi sasaran dari Kampung KB adalah keluarga, remaja, dan masyarakat yang berpartisipasi seperti para semua pemangku kepentingan dan masyarakat multi pembentukan Kampung KB, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat itu sendiri, juga akan sangat membantu kesesuaian program tersebut.

Hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah program program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan kesehatan, lingkungan, dan lainnya, seperti, dengan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program kepada masyarakat serta pelayanan KB di tingkat desa”, tandas Bupati.

Sebagai rangkaian acara, dilakukan penyerahan 1 unit ambulance untuk melayani masyarakat desa sukamaju dan megalau hilir, serta peresmian kantor desa megalau hilir yang baru, oleh Bupati. (and/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...