Diskominfo Gelar Sosialisasi Statistik

741

Marabahan, KP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Statistik Lintas Sektoral, di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Kamis (15/11).

Kegiatan yang melibatkan para pejabat eselon II dan III lingkup Pemkab Batola ini menghadirkan nara sumber Kepala BPS Batola, Akhmad Rusihannoor.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui sambutan tertulis disampaikan Kepala Diskominfo Batola Akhmad Wahyuni menyatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan dan membangun kesamaan pemahaman dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Dikatakan, masalah data sangat penting dan menjadi salah satu indikator dalam penentuan keberhasilan dari SKPD dalam hal pengumpulan data. Karena berhasil tidaknya laporan tergantung dari kelengkapan data.

Bupati berharap, kegiatan yang dilaksanakan ini dapat menjawab permasalahan daerah dalam hal kualitas data, keakuratan, kelengkapan, relevansi serta berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari berbagai instansi.

Selain tu, data dapat digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pembangunan daerah di semua sektor sehingga lebih efektif dan efisien dalam mendorong percepatan kesejahteraan rakyat.

“Diharapkan kegiatan ini akan mampu mengidentifikasi kebutuhan data untuk perencanaan pembangunan daerah di semua sektor serta untuk meningkatkan komitmen dalam menyediakan data yang berkualitas dan tepat waktu,” katanya.

Masalah kualitas data yang dihasilkan, sebut bupati, harus memenuhi standar kualitas dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna, kemudian proses produksi dan diseminasi data statistik harus berdasarkan dan memenuhi standar kualitas data nasional serta setiap unit kerja harus menjamin kualitas.

Dalam kaitan itu, lanjut bupati, dukungan data dan informasi statistik sektoral yang berkualitas sangat diperlukan untuk menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan, dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Hj Titien Hariyati mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk agar setiap SKPD dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai statistik sektoral serta membangun rintisan forum satu data sebagai sarana koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi.

Sosialisasi diikuti sekretaris daerah, para asisten, pimpinan SKPD, para camat dan bagian berjumlah 60 orang berisi tanya jawab dipandu Seksi Pengelolaan IKP Diskominfo Batola. (net/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...