Fikry Irup Peringatan Hari Pahlawan

BUPATI HSS – H Achmad Fikry saat menyerahkan tali asih kepada para veteran dan janda veteran di hari pahlawan. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Bupati Drs H Achmad Fikry menjadi inspektur upacara dalam memperingati hari pahlawan yang jatuh setiap 10 Neovember. Upacara diikuti pegawai Pemkab HSS, TNI hingga Polri di Lapangan Lambung Mangkurat, Sabtu (10/11).

Dalam upacara tersebut, Bupati H Achmad Fikry meminta para peserta upacara untuk bisa meneladani pahlawan nasional.

“Para pahlawan saat berjuang tidak pernah bertanya ini hari libur atau hari kerja. Mereka menghibahkan tenaga dia, serahkan tenaganya, bahkan nyawa, mereka hibahkan nyawa itu,” jelasnya.

Dikatakan bupati dua periode ini bahwa warga Kalsel bersyukur pada Hari Pahlawan kali ini, satu putra terbaik Kalsel dianugerahi Presiden RI sebagai Pahlawan Nasional yakni Almarhum Ir.Pangeran Muhammad Noor, ada empat putra terbaik Kalsel yang sudah di anugerahi sebagai pahlawan nasional. “Jadilah kita penerus pahlawan nasional dalam bidang tugas masing-masing, rakyat sekarang menantikan uluran tangan, rakyat juga menantikan sentuhan untuk terus mensejahterakan mereka”, ujar Bupati.

Kemudian bupati H Achmad Fikry juga membacakan  dalam sambutan tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang  Kartasasmita, yang di bacakan Bupati mengatakan bahwa Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna dan bukan hanya sebagai prosesi namun substansi. Dimana setiap Peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.  Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang.  Oleh karenanya peringatan Hati Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

Transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi,  menjadikan inspirasi rakyat indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Selain itu, negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur,  percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial. Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global,  mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara serta jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan social”, ujarnya.

Diakhir upacara diserahkan tali asih kepada para veteran dan janda veteran dan penyerahan piagam penghargaan dari Bupati HSS kepada relawan kemanusiaan di Sulawesi Tengah Kota Palu.

Setelah upacara, Bupati beserta rombongan melakukan ziarah ke makam taman pahlawan pusara bakti banua di Kecamatan Padang Batung. (noi/K-6)

 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...