Guru Khalil Teringat Masa Kecilnya Bersama KH Salim Ma’ruf

HADIRI HAUL – Ribuan jemaah menghadiri haul salah satu ulama besar Kabupaten Banjar KH Salim Ma’ruf ke-40.

Martapura, KP – Ribuan jemaah menghadiri haul salah satu ulama besar Kabupaten Banjar KH Salim Ma’ruf ke-40, Minggu (11/11). Kegiatan religius ini diawali dengan pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan ayat ayat suci Al Qur’an di Desa Pekauman Hilir Martapura.

Bupati KH Khalilurrahman selaku pihak keluarga KH Salim Ma’ruf mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang sudah membantu serta berkenan hadir memperingati haul ayah kandungnya tersebut.

Bupati Khalilurrahman mengaku teringat masa kecilnya bersama KH Salim Ma’ruf, dimana beliau selalu membimbing serta memperlakukan keluarga dan anak-anaknya dengan baik, ditambah lagi selalu mengedepankan pendidikan agama Islam.

“Salah satu pesan KH Salim Ma’ruf adalah tuntutlah ilmu setinggi mungkin, amalkan ajaran-ajaran (sunnah) Nabi Muhammah SAW dan taati hukum-hukum Allah SWT, niscaya kamu akan selamat dunia dan akhirat,’’ tutur Khalilurrahman.

Selain itu, menurut bupati, Salim Ma’ruf adalah sosok ulama penyayang dan peduli terhadap masyarakat serta lingkungan sekitar, ini ditunjukannya dengan mengajarkan ilmu Islam di langgar ataupun surau-surau serta mengajak warga Pekauman dan Kampung Keramat untuk mendirikan sebuah sekolah diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Mifrah Darussalam.

“Dengan harapan masyarakat lebih mengenal pendidikan, terutama pendidikan agama Islam,’’ ungkapnya.

Sementara penceramah Ustadz KH Khusairi dari Jawa Barat berpendapat, masyarakat muslim Kabupaten Banjar sudah selayaknya bangga memiliki seorang guru sekaligus ulama seperti KH Salim Ma’ruf, karena merupakan murid langsung KH Kasful Anwar yang berjasa besar pada perkembangan Islam di Banjar.

Ini dibuktikannya dengan adanya karangan kitab-kitab KH Salim Ma’ruf yang berjudul, Al-I’lan fi Ma’nal iman wal Islam, berisi penjelasan tentang makna iman, Islam dan ihsan, lalu Risalah Muamalah, berisi pedoman mu’amalah dalam Islam, kemudian Qoulul Muallaq, berisi ilmu Mantiq atau logika, Hisnul Ummah, berisi kumpulan dzikir dan amalan sehari-hari serta Tashilul Murid fi ‘ilmit-tajwid, berisi tentang ilmu Tajwid.

Hadir pada haul tersebut, Sekdakab Ir Nasrunsyah, Ketua MUI Banjar KH Fadhlan Asy’ari, Wakil Ketua DPRD Muhammad Iqbal, Habib Abdullah Assegaf, KH Munawar, Forkominda setempat dan para Kepala SKPD. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...