Harga Bawang Kembali Berfluktuasi

BAWANG TERUS BERFLUKTUASI – Harga bawang merah dan putih kembali berfluktuasi jelang memasuki tutup tahun yang sangat dikeluhkan para ibu rumah tangga. (KP/Hifni)

Banjarmasin, KP – Kondisi cuaca saat ini membuat harga bawang merah dan putih terus dijual berfluktuasi baik putih menjadi Rp20 ribu per kilo dan bawang merah menjadi Rp16 ribuan.

Penuturan sejumlah pedagang di Pasar Lama, Senin (5/11) sejak akan memasuki tutup tahun harga bawang merah dan putih terus berfluktuasi baik bawang asal Surabaya, Bima kecuali asal lokalan Rantau namun masyarakat banua masih menyukai bawang Bima.

Gasah penjual bawang merah Pasar Lama menjelaskan, harga bawang merah berfluktuasi baik dijual ditingkat distributor maupun para penjual bawang eceran dijual Rp14 sampai Rp16 ribu per kilonya.

Harga bawang mahal seperti ini para pedagang sangat dirugikan karena ibu rumah tangga membeli secukupnya saja kecuali para penjual makanan.

Sebelumnya menjual 30 hingga 40 kilo sehari sangat mudah saat ini menjual 20 kilo saja sudah semakin berat termasuk penjualan bawang putih yang harganya meskipun turun namun tidak terlalu besar apalagi bawang putih berpengaruh pada harga dollar.

Distributor bawang merah terbesar di Pasar Lima, Hj Olya Olfah, kepada wartawan kemaren mengungkapkan, memang harga bawang merah sedang mengalami fluktuasi karena pasokan yang sangat terbatas dari NTB dan Jatim sedangkan bawang putih kembali bergerak naik per kilonya.

Naiknya harga bawang merah beberapa minggu ini karena cuaca hujan dan gelombang besar yang berkepanjangan sehingga pasokan sangat terganggu.

Berfluktuasi harga bawang merah selain pasokan yang terganggu juga karena akibat gagal panen dan curah hujan yang tinggi disentra penghasil bawang beberapa bulan yang lalu.

Hj Intan penjual bawang di Pasar Lama menambahkan, sepekan paska bawang merah sempat turun justru bawang putih kembali bergerak naik menjadi Rp20 ribuan hingga Rp22 ribuan.

“ Kami sebagai pedagang eceran terpaksa ikut menaikan harga jual karena membeli sejak di distributor kawasan Pasar Lima sudah naik untuk bawang putih dari harga sebelumnya,” jelasnya.

Naiknya harga bawang putih tidak banyak berpengaruh besar pada penjualan bawang karena permintaan bawang putih hanya sedikit jika dibandingkan permintaan bawang merah setiap harinya yang cukup besar namun pembelian masih terbatas. (hif/K-7)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...