Pembuatan Sekat Kanal Restorasi Gambut di Tabalong

Tanjung, KP – Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menyosialisasikan rencana kegiatan di Kabupaten Tabalong dengan sasaran Kecamatan Banua Lawas.

Ketua TRGD Provinsi Kalsel Saut Nathan Samosir mengatakan restorasi gambut akan dilaksanakan di Desa Bangkiling Raya dan Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas.

“Pembuatan sekat kanal salah satu   restorasi lahan gambut di Tabalong,” jelas Saut.

Ada tujuh titik lokasi sekat kanal yang akan dibuat tahun ini masing – masing di Desa Bangkiling Raya empat lokasi dan sisanya di Desa Bangkiling.

Sekat kanal sendiri  bertujuan  menaikkan daya simpan  air pada badan kanal  dan mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut.

Selain pembuatan sekat kanal tim restorasi juga membuat 23 sumur bor di Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas dari total 354 sumur bor di Provinsi Kalsel.

Termasuk revitalisasi sosial ekonomi mengikuti desa terdampak kegiatan fisik sumur bor dan sekat kanal juga di Desa Hapalah berupa pembuatan bioflok ikan betok (papuyu).

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani pun mendukung tim restorasi gambut dalam mengoptimalkan lahan lebak di wilayah ini.

“Sekitar 5.000 hektare lahan lebak di wilayah Selatan Tabalong yang perlu dioptimalkan agar bisa jadi lahan pertanian,” jelas Anang.

Karena itu Anang mengharapkan tim restorasi bisa mendukung program optimalisasi lahan lebak atau rawa di Tabalong khususnya Desa Ampukung.

Mengingat tiap musim hujan lahan tersebut banjir dan tak bisa dimanfaatkan. (net/K-6)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...