Pencanangan Kampung KB di Desa Sungai Bahim

Kotabaru, KP – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, Sekda Kotabaru Drs H Said Akhmad, Wakil Ketua DPRD Kotabaru H. Mukni, Kasdim 1004 Kotabaru, Kapolsek, Danramil, pewakilan Lanal Kotabaru, Pejabat Muspika Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Laut Selatan. Tak ketinggalan Ketua TP PKK Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar berserta rombongan Pejabat SKPD menghadiri acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan Kabupaten Kotabaru. Sabtu 24 Nopember 2018.

Camat Pulau Laut Selatan Deswandi, S.sos, M.Ap mengucapkan selamat datang kepada Bupati Kotabaru beserta rombongan, sekaligus menyampaikan keluhan dan kebutuhan warganya, yakni terkait masalah jalan, listrik, yang masih belum bisa di nikmati, oleh sekitar 30 Kepala Keluarga belum ada listrik.

Plt kepala dinas pemberdayaan perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotabaru Joni Anwar, dalam pencanangan tersebut mengatakan, “Kampung KB adalah merupakan salah satu program dalam rangka upaya penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Pada saat ini adalah merupakan tahun yang ke tiga dilaksanakannya mencanangkan kampung kb, dan Desa Sungai Bahim Kecamatan Pulau Laut Selatan ini adalah yang ke-11 untuk tahun anggaran 2018. Disampaikan oleh camat bahwa pada pencanangan kampung kb di desa bahim dilaporkan bahwa jumlah penduduk yang ada di Desa Sungai Baim berjumlah 918 jiwa, sedangkan jumlah kepala keluarga 212, terdiri dari laki-laki 50 jiwa dan perempuan 418 jiwa. Tercatat dalam program keluarga berencana di Desa Sungai Bahim ini adalah pasangan usia subur yang ada adalah 133 dan yang non peserta kb ada 54, dan peserta kb nya ada 66. Jadi kalau melihat hasil dari pendataan yang dilaksanakan di desa sungai bahim ini peserta kb itu ada sekitar 59 koma 39% dari jumlah penduduk yang ada di desa sungai bahim, dan kebanyakan masih menggunakan pil dan suntik. Sedangkan implan ada juga, dan hanya 3 orang yang tercatat,” tutur Joni.

Sementara Bupati Kotabaru Sayed Jafar, SH mengatakan, “Dengan dicanangkannya kampung kb di desa sungai bahim ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kepndudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Saya menghimbau agar kampung kb yang sudh terbentuk bukan hanya sekedar nama terapi harus hidup dan di jaga keberlangsungannya dengan program program untuk Kepentingan masyarakat. kita semua termasuk mitra kerja dan para pemangku kepentingan punya tanggung jawab besar untuk mensukseskan program kb,” katanya.

Sebagai rangkaian acara pencanangan kampung KB Pada kesempatan tersebut, untuk perpustakaan Desa Tanjung Selokan, Bupati juga menyerahkan 2 unit laptop dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, untuk memperlancar pelayanan kerja perpustakaan Desa tersebut. (and/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...