Si Pandu Wisata Berbasis Android

LAUNCHING – Si Pandu Wisata dilakukan Bupati Drs H Achmad Fikry,MAP, di Graha Wisata Amandit Loksado, Kamis (1/11). (KP/Ist)

Kandangan, KP – Untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Loksado. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata meluncurkan aplikasi panduan wisata (SiPandu Wisata ) berbasis android.

Dengan aplikasi ini, wisatawan dari daerah maupun luar daerah bisa memesan secara online berbagai fasilitas wisata seperti penginapan, angkutan, dan bamboo rafting beserta jokinya.

Terobosan bagi perkembangan jasa layanan pariwisata atau Si Pandu Wisata dilaunching Bupati Drs H Achmad Fikry,MAP, di Graha Wisata Amandit Loksado, Kamis (1/11).

Bupati H Achmad Fikry,MAP mengucap rasa syukur karena selama satu bulan lebih menjabat bupati ada empat buah inovasi berbasis teknologi yang diluncurkan. Dan ini menurutnya sangat sesuai dengan visi-misi pembangunan lima tahun kedepan yaitu Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis.

Bupati juga berharap aplikasi yang memberikan kemudahan bagi wisatawan ini akan memberikan dampak terhadap perkembangan ekonomi di Kabupaten HSS. Kedepan menurutnya target pendapatan ekonomi dibidang pariwisata akan menggeser pendapatan ekonomi disektor pertambangan.

“Khususnya pada masyarakat Loksado agar bisa menjadi pelayan yang baik bagi para wisatawan yang datang,” katanya.

Dikatakan bupati Achmad Fikry target kedepan, kita akan terus tingkatkan pendapatan daerah dibidang pariwisata dengan kerjasama semua pihak.

Diharapkan, dengan adanya aplikasi ini pertumbuhan ekonomi masyarakat Loksado serta wisatawan yang berkunjung semakin meningkat.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata M. Arliyan Syahrial,M.Pd, mengatakan aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Loksado mulai dari memesan Bambu Rafting, hotel dan lainnya. Pada aplikasi ini juga disediakan kode booking untuk melihat siapa joki serta jam berapa mulai rafting (balanting), dilakukan hanya dengan login di aplikasi lewat handphone tanpa harus berangkat ke Loksado terlebih dahulu.

“Sistem Pelayanan Terpadu Pariwisata ini melibatkan berbagai pelaku usaha pariwisata yang ada di kawasan Loksado seperti pemberi jasa joki bamboo rafting, jasa ojek kawasan, pengelola penginapan atau homestay, dan jasa pemandu wisata  yang dibentuk dalam satu buah ‘Pewadahan”,pungkasnya. (noi/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...